Implementasi Pendidikan Karakter Menurut Perspektif Thomas Lickona Ditinjau dari Peran Pendidik PAK

Loloagin, Glorya and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Menurut Perspektif Thomas Lickona Ditinjau dari Peran Pendidik PAK. Journal on Education, 05 (03). pp. 6012-6022. ISSN 2654-5497

[img] Text
ImplementasiPendidikanKarakter.pdf

Download (158kB)
[img] Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinImplementasiPendidikanKarakterMenurut.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://jonedu.org/index.php/joe

Abstract

Pendidik memiliki peran yang juga penting dalam membantu mensukseskan pendidikan di sekolah. Pendidik memiliki tanggung jawab yang besar dalam menghasilkan siswa yang berkualitas dan juga memiliki karakter yang baik dan bermoral. Dalam pendidikan, pendidik tidak hanya berperan sebagai seorang pengajar tetapi pendidik juga harus menjadi contoh dan teladan yang baik bagi perkembangan peserta didik di sekolah. Menurut Lickona ada tujuh alasan mengapa pendidikan karakter itu harus disampaikan. Ketujuh asalan yang dimaksud adalah sebagai berikut. 1). Cara terbaik untuk menjamin anak-anak (peserta didik) memiliki kepribadian yang baik dalam kehidupannya. 2). Cara untuk meningkatkan prestasi akademik. 3). Sebagian siswa tidak dapat membentuk karakter yang kuat bagi dirinya di tampat lain. 4). Persiapan siswa untuk menghormati pihak atau orang laian dan dapat hidup dalam masyarakat yang beragam. 5). Berangkat dari akar masalah yang berkaitan dengan problem moral-sosial, seperti ketidaksopanan, ketidakjujujuran, kekerasan, perlanggaran kegiatan seksual, dan etos kerja (belajar) yang rendah. 6). Persiapan terbaik untuk menyongsong perilaku di tempat kerja. Dan 7). Pembelajaran nilai-nilai budaya yang meruPAKan bagian dari kerja beradaban. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Thomas Lickona, Peran Guru / Educators have an important role in helping the success of education in schools. Educators have a great responsibility in producing quality students who also have good and moral character. In education, educators do not only act as teachers but educators must also be good examples and role models for the development of students in schools. According to Lickona there are seven reasons why character education must be delivered. The seven origins referred to are as follows. 1). The best way to ensure children (students) have a good personality in life. 2). Ways to improve academic achievement. 3). Some students cannot form a strong character for themselves elsewhere. 4). Preparing students to respect other parties or people and be able to live in a diverse society. 5). Departing from the root of the problem related to social-moral problems, such as impoliteness, dishonesty, violence, violations of sexual activity, and low work (learning) ethic. 6). Best preparation for behavior in the workplace. And 7). Learning cultural values which are part of civilized work. Keywords: Character Education, Thomas Lickona, Teacher's Role

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Special aspects of education
EDUCATION > Special aspects of education > Moral and religious education > Moral education. Character building
Depositing User: Mr A Evan Harso Kristanto
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:18
Last Modified: 05 Mar 2025 04:18
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18489

Actions (login required)

View Item View Item