Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi

Oktavianus, Arnolus Juantri E. and Naibaho, Lamhot and Rantung, Djoys Anneke (2023) Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 05 (2). pp. 473-486. ISSN 2685-6921

[img] Text
PemanfaatanArtificialIntelligence.pdf

Download (559kB)
[img] Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinPemanfaatanArtificialIntelligence.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://jurnal.umnu.ac.id/index.php/kst/index

Abstract

Dalam menghadapi era digitalisasi yang berkembang pesat, pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) telah mengubah paradigma pembelajaran dan asesmen secara mendalam yang ditunjukan melalui penerapan Artificial inteleligence. AI membantu para pengajar untuk menjalankan perannya secara optimal dengan memanfaatkan kecanggihan AI. Namun, disi lain AI mempunyai dampak yang negatif bagi seseorang apa bila tidak digunakan secara baik. Salah satu keunggulan AI adalah dapat melakukan apa yang manusia lakukan, dengan keunggulan ini AI dapat melakukan kegiatan yang dilakukan oleh manusia, termasuk dalam pelaksanaan pembelajaran dan asesmen. Oleh karena itu, guru perlu memanfaatkan Artificial inteleligence dalam pembelajaran dan asesmen di era digital yang terus berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki implementasi AI dalam konteks pembelajaran dan asesmen, mengevaluasi metode yang digunakan, serta menganalisis Artificial inteleligence dampak positif yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan AI dalam pembelajaran dan asesmen telah meningkatkan efisiensi, akurasi, dan personalisasi pembelajaran. Melalui algoritma machine learning, sistem pembelajaran AI dapat mengidentifikasi kebutuhan individu siswa dan menyajikan konten pembelajaran yang sesuai, memungkinkan pengalaman belajar yang lebih relevan dan efektif. Selain itu, dalam konteks asesmen, AI telah memberikan solusi untuk penilaian otomatis yang cepat dan objektif, mengurangi beban kerja guru, dan memberikan umpan balik yang lebih mendalam kepada siswa. Kata kunci: Artificial Intelligence; Pembelajaran; Asessmen; Era Digitalisasi / In facing the era of rapidly developing digitalization, the use of Artificial Intelligence (AI) technology has changed the learning paradigm and in-depth assessment as demonstrated through the application of Artificial Intelligence. AI helps teachers to carry out speeches optimally by utilizing the power of AI. However, on the other hand, AI has a negative impact on a person if it is not used properly. One of the advantages of AI is that it can do what humans do. With this advantage, AI can carry out activities carried out by humans, including the implementation of learning and assessment. Therefore, teachers need to utilize artificial intelligence in learning and assessment in the ever-growing digital era. The aim of this research is to investigate the application of AI in the context of learning and assessment, disseminate the methods used, and analyze the positive impact artificial intelligence produces. The research method used in this research is quantitative with a descriptive approach. The research results show that the use of AI in learning and assessment has increased the efficiency, accuracy and personalization of learning. Through machine learning algorithms, AI learning systems can identify individual student needs and deliver appropriate learning content, enabling a more relevant and effective learning experience. Additionally, in the context of assessment, AI has provided solutions for fast and objective automated assessments, reducing teacher workload and providing more in-depth feedback to students. Keywords: Artificial Intelligence; Learning; Assessment; Era of Digitalization

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Special aspects of education > Types of education > Humanistic education. Liberal education > Computer-assisted education
Depositing User: Mr A Evan Harso Kristanto
Date Deposited: 05 Mar 2025 03:40
Last Modified: 05 Mar 2025 03:40
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18488

Actions (login required)

View Item View Item