Peran Marsiadapari dan Gugur Gunung Sebagai Landasan Dalam Teknologi Pendidikan Agama Kristendi Sekolah

Siahaan, Manat and Rahajeng, Lusia and Rantung, Djoys Anneke (2022) Peran Marsiadapari dan Gugur Gunung Sebagai Landasan Dalam Teknologi Pendidikan Agama Kristendi Sekolah. Jurnal Educatio, 8 (3). pp. 1026-1037. ISSN 2548-6756

[img] Text
PeranMarsiadaparidanGugurGunung.pdf

Download (561kB)
[img] Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinPeranMarsiadaparidanGugur.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/

Abstract

Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan kearifan lokalnya, hal ini bisa dilihat dari jumlah suku bangsa dan bahasa yang terdapat di Indonesia. Marsiadapari dan Gugur Gunung merupakan salah satu ciri khas bangsa yang harus dilestarikan dari satu generasi kegenerasi berikutnya. Proses pelestarian kearifan lokal ini sangat efektif dilakukan melalui pendidikan dan proses pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian dalamartikel iniuntuk menjelaskanmaknatentang Marsiadapari dan Gugur Gunung yang merupakan budaya gotong royong pada suku batak dan suku jawa sebagai landasan bagi desain Teknologi PAKyang dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan, yaitu mengumpulkan sumber-sumber secara tertulis seperti buku dan artikel ilmiah lainnya. Tentunya semua sumber tersebut merujuk kepada topik terkait kearifan lokal budaya Batak dan budaya Jawa serta teknologi pendidikan dalam konteks PAK. Hasil penulisan artikel ini adalah menguraikan tentang kearifan lokal budaya gotong royong, lalu memberikan jawaban dan penjelasan mengenai kearifan lokal sebagai landasan dalam teknologi PAK. Kearifan lokal dan teknologi informasi diupayakan untuk dapat berkolaborasi dengan baik. Hal ini tentu tidak terlepas dari peranserta guru dan peserta didik yang saling bersinergi untuk mewujudkan hal tersebut di lingkungan sekolah.Kata Kunci: kearifan lokal; teknologi pendidikan; Pendidikan Agama Kristen / ndonesia is a country that is very rich in local wisdom, this can be seen from the number of ethnic groups and languages found in Indonesia.Marsiadapari and Gugur Gunung are one of the national characteristics that must be preserved from one generation to the next. The process of preserving local wisdom is very effective through education and the learning process in schools. The purpose of the research in this article is to explain the meaning of Marsiadapari and Gugur Gunung which are the culture of mutual cooperation in the Batak and Javanese tribes as the basis for the design of PAK technology that can be applied in the school environment. This research method uses a literature study method, namely collecting written sources such as books and other scientific articles. Of course, all of these sources refer to topics related to local wisdom of Batak culture and Javanese culture as well as educational technology in the context of PAK. The result of this article is to describe the local wisdom of the gotong royong culture, then provide answers and explanations about local wisdom as the basis for PAK technology. Local wisdom and information technology are strived to be able to collaborate well. This is certainly inseparable from the participation of teachers and students who work together to make this happen in the school environment.Keywords:local wisdom;educational technology; Christian education

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Special aspects of education
Depositing User: Mr A Evan Harso Kristanto
Date Deposited: 04 Mar 2025 08:17
Last Modified: 04 Mar 2025 08:17
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18480

Actions (login required)

View Item View Item