Pendekatan Pembelajaran Sosial dengan Teknologi Pendidikan Dalam Mendukung Proses PAK di Era Digitalisasi

Helena, Elsudarma Santi and Pasuhuk, Chris and Natalia, Flowrent and Rantung, Djoys Anneke and Boiliu, Noh Ibrahim (2022) Pendekatan Pembelajaran Sosial dengan Teknologi Pendidikan Dalam Mendukung Proses PAK di Era Digitalisasi. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1 (2). pp. 137-142. ISSN 2964-0466

[img] Text
PendekatanPembelajaranSosialdenganTeknologi.pdf

Download (184kB)
[img] Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinPendekatanPembelajaranSosialdenganTeknologi.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.pbnsurabaya.co.id/index.php/jupm/i...

Abstract

Pembelajaran sosial merupakan sebuah teori yang relatif masih baru dibandingkan dengan teori-teori belajar lainnya. Pembelajaran sosial adalah belajar melalui interaksi dengan komunitas ahli dan sesama peserta didik. Komunikasi antara peserta bergantung pada media jejaring sosial seperti diskusi online, blogging, dan pesan teks. Seperti kita ketahui banyak sekali media sosial yang ada pada saat ini, berdasarkan data, ada enam media sosial yang paling sering digunakan oleh masyarakat terutama Indonesia yaitu Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Instagram, dan Pinterest.Untuk menerapkan pembelajaran sosial kita harus memperhatikan fitur –fitur yang dapat digunakan dari masing –masing sosialmedia tersebut agar dapat mendukung suatu proses pembelajaran. Kemudian, menentukan sosial media mana yang cocok dengan proses pembelajaran yang ingin dibangun. Melalui pembelajaran sosial, ada banyak cara untuk berinteraksi antara pengajar dan pelajar dengan hadirnya teknologi pendidikan di era digitalisasi. Demikian juga pembelajaran sosial dengan teknologi pendidikan dapat mendukung serta bermanfaat dalam mendukung pembelajaran pendidikan agama Kristen. / Social learning is a relatively new theory compared to other learning theories. Social Learning is learning through interaction with a community of experts and fellow learners. Communication between participants relies on social networking media such as online discussions, blogging, and text messages. As we know there are a lot of social media that exist today, based on data, there are 6 social media that are most often used by people, especially Indonesia, namely Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Instagram, and Pinterest. To apply social learning we must pay attention to the features that can be used from each of these social media so that they can support a learning process. Then, determine which social media is suitable for the learning process you want to build. In Social Learning, there are many ways to interact between teachers and students with the presence of educational technology in the digitalization era. Likewise social learning with educational technology can support and be useful in supporting Christian religious education learning.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Special aspects of education
Depositing User: Mr A Evan Harso Kristanto
Date Deposited: 04 Mar 2025 07:44
Last Modified: 04 Mar 2025 07:44
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18478

Actions (login required)

View Item View Item