Pembelajaran PAK di Era Digital: Sikap Inklusivisme di Tengah Kemajemukan

Boiliu, Esti Regina (2021) Pembelajaran PAK di Era Digital: Sikap Inklusivisme di Tengah Kemajemukan. LUXNOS, 7 (1). pp. 77-89. ISSN 2722-3809

[img] Text
PembelajaranPAKdiEraDigital.pdf

Download (298kB)
[img] Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinPembelajaranPAKdiEra.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://luxnos.sttpd.ac.id/index.php/20_luxnos_20/...

Abstract

Artikel ini berisi pembahasan tentang Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Era Digital: Sikap Inklusivisme di tengah kemajemukan. Kenyataan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, muncul berbagai persoalan dan konflik yang sering dikaitkan dengan perbedaan suku, rasa, agama dan kebiasaan lainnya. Terdapat juga banyak sikap yang eksklusif atau tetutup dan tidak memiliki keinginan untuk bergabung dengan masyarakat lain karena merasa bahwa komunitasnya yang benar. Hal ini merupakan kenyataan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat majemuk. Oleh kerena itu, Pendidikan Agama Kristen di Era digital memiliki tugas untuk mengajarkan sikap yang inklusif di tengah keberagaman. Pendidikan Agama Kristen bertujuan untuk membimbing serta mengarahkan peserta didik menjadi pemersatu di tengah kemajemukan. Hal yang dilakukan di sini adalah hidup bertoleransi, sadar dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kreatif, inovatif, serta memiliki solidaritas tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang Pendidikan Agama Kristen dalam mengajarkan sikap inklusif di tengah kemajemukan. Penenelitian ini menggunakan metode studi pustaka yang mana hasil dari artikel ini dikumpulan dari berbagai sumber tertulis yang tidak berupa angka, melainkan dari buku-buku, jurnal, internet dan media tertulis lainnya. / This article contains a discussion of Christian Religius Education Learning in the Digital Age: Attitudes of Inclusivism in the midst of diversity. In the reality of people's lives, there are still many problems that arise with various conflicts that occur and are often linked to issues of ethnicity, race and religion in particular. There are also many attitudes that are exclusive or closed off and there is no desire to join other communities because they feel that their community is right. This is a fact that occurs in a pluralistic society. Therefore, Christian Religious Education in the digital age has a duty to teach inclusive attitudes amid diversity. The purpose of Christian Religious Education is to be able to realize the goals of national education through students and also to be present as a means of forming and unifying the nation in a pluralistic society of different religions, ethnicities, races, groups, and so on. What is done here is to live in tolerance, be aware of and follow the development of science and technology, be creative, innovative, and have high solidarity. The purpose of this research is to provide an understanding of how Christian Religious Education teaches an inclusive attitude amid diversity. The research method used in this article is literature study. The results of this article are compiled from various written sources that are not numbers, but from books, journals, the internet and other written media.

Item Type: Article
Subjects: PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Christianity
PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Christianity > Christianity in relation to special subjects
Depositing User: Mr A Evan Harso Kristanto
Date Deposited: 04 Mar 2025 06:39
Last Modified: 04 Mar 2025 06:39
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18476

Actions (login required)

View Item View Item