Simulasi Sayap Menggunakan Airfoil NACA 0008 dan 0010 dengan Variasi Sudut Serang Terhadap Gaya Angkat dan Gaya Dorong

Pane, Medyawanti (2023) Simulasi Sayap Menggunakan Airfoil NACA 0008 dan 0010 dengan Variasi Sudut Serang Terhadap Gaya Angkat dan Gaya Dorong. J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin, 8 (1). pp. 7-11. ISSN 2541 3562

[img] Text
SimulasiSayapMenggunakanAirfoil.pdf

Download (655kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinSimulasiSayapMengguakanAirfoil.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/J-Prote...

Abstract

Analisa geometri airfoil pada suatu sayap pesawat sangat diperlukan karena geometri dapat menentukan performa aerodinamika serta gaya-gaya yang bekerja, seperti gaya dorong dan gaya angkat. Dalam penelitian ini, suatu geometri airfoil dengan seri NACA 0008 dan NACA 0010 diuji menggunakan software ANSYS Fluent berbahan Aluminium Alloy 1067 pada kecepatan 200 m/s. Untuk mendapat performa yang maksimum pada geometri ini, diberi variasi sudut serang dari 00 sampai 300 sehingga diperoleh gaya angkat dan gaya dorong serta kontur tekanan dan kontur kecepatan dari masing-masing sudut serang. Dari hasil simulasi dan perhitungan diperoleh koefisien angkat dan koefisien dorong tertinggi pada simulasi Airfoil NACA 0008 adalah pada sudut serang 300 yaitu 3,96 N dan 2,24 N. sementara pada simulasi Airfoil NACA 0010 koefisien angkat tertinggi pada sudut serang 300 yaitu 3,69 N dan 2,06 N. Kata Kunci: NACA airfoil; sudut serang; ansys fluent. / Analysis of the airfoil geometry on an airplane wing is necessary because geometry can determine aerodynamic performance and the forces acting, such as drag and lift. In this study, an airfoil geometry with the NACA 0008 and NACA 0010 series was tested using ANSYS Fluent software made from Aluminum Alloy 1067 at a speed of 200 m/s. To get maximum performance in this geometry, the angle of attack is varied from 00 to 300 so that the lift and thrust forces as well as pressure contours and velocity contours are obtained from each angle of attack. From the simulation and calculation results, the highest lift coefficient and drag coefficient in the NACA 0008 Airfoil simulation are at an angle of attack of 300, is 3.96 N and 2.24 N. Meanwhile, in the NACA 0010 Airfoil simulation, the highest coefficient of lift is at an angle of attack of 300, is 3.69 N and 2.06 N. Keywords: NACA airfoils; angle of attack; ansys fluent.

Item Type: Article
Subjects: TECHNOLOGY
Depositing User: Ms Ernawanty Situmorang
Date Deposited: 19 Feb 2025 09:00
Last Modified: 19 Feb 2025 09:00
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18371

Actions (login required)

View Item View Item