Penguatan Pemahaman Teologi dalam Pendidikan Agama Kristen Melalui Inovasi Kultural untuk Pembentukan Karakter Generasi Digital

Boiliu, Esti Regina and Simanjuntak, Joksan and Mary, Eirene and Bathun, Victoria Henderina and Jura, Demsy (2024) Penguatan Pemahaman Teologi dalam Pendidikan Agama Kristen Melalui Inovasi Kultural untuk Pembentukan Karakter Generasi Digital. Jurnal Shanan, 8 (2). pp. 105-126. ISSN 2722 4678

[img] Text
PenguatanPemahamanTeologi.pdf

Download (735kB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini berfokus pada tantangan generasi muda Indonesia dalam membentuk karakter yang kuat dan berlandaskan nilai-nilai Kristen di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk karakter positif generasi digital dengan menekankan ajaran teologis Kristen dan berbagai elemen kebudayaan lokal melalui pemanfaatan teknologi digital. Metode yang dipakai adalah pendekatan kualitatif melalui studi pustaka, yang mengumpulkan literatur terkait pendidikan agama, teologi, kebudayaan, dan teknologi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Kristen harus menanamkan nilai-nilai teologis yang kuat dan mengapresiasi keanekaragaman budaya lokal, serta menggunakan teknologi sebagai alat bantu yang efektif dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan ini memungkinkan pendekatan yang lebih interaktif, relevan, dan menginspirasi partisipasi aktif dari generasi digital. Kesimpulannya, diperlukan upaya bersama dari pendidik, orang tua, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan pendidikan, sehingga dapat membentuk generasi muda yang beriman, beretika, dan mampu membawa perubahan positif dalam masyarakat. Kata Kunci: Generasi Digital; Karakter; Kebudayaan; PAK; Teologi. / Forming character in the digital era, characterized by rapid technological advancement and information flow. This study aims to explore the role of Christian Religious Education in shaping the positive character of the digital generation through the integration of theological teachings, cultural values, and digital technology. The method used is a qualitative approach through literature study, gathering various literatures on religious education, theology, culture, and character building. The results of this study indicate that Christian religious education needs to teach moral values and enhance students' critical skills in filtering information. Furthermore, the use of technology in the learning process has proven effective in reaching the digital generation in an interactive and engaging manner. The conclusion of this study emphasizes the importance of collaboration between educators, parents, and society to create a holistic and inclusive educational environment, thereby shaping young people who are faithful, responsible, and act as agents of positive change in society. Keywords: Character; Culture; Digital Generation; Religious Education; Theology.

Item Type: Article
Subjects: PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION
Depositing User: Ms Ernawanty Situmorang
Date Deposited: 13 Feb 2025 06:20
Last Modified: 13 Feb 2025 06:20
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18312

Actions (login required)

View Item View Item