Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RS X Jakarta Timur

Lumbanbatu, Adventus M.R. (2022) Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RS X Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 5 (2). pp. 157-167. ISSN 25803077

[img] Text
PengaruhPelayananPrimaTerhadapKepuasanPasien.pdf

Download (311kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPengaruhPelayananPrimaTerhadapKepuasanPasien.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://jurnal.umt.ac.id/index.php/jik/index

Abstract

Pelayanan prima (service excellent) adalah pelayanan yang sangat baik atau terbaik kepada pasien berdasarkan standar mutu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien sehingga pasien dapat memperoleh kepuasan. Kepuasan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dibandingkan dengan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pasien rawat inap di RS X Jakarta Timur. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain penelitian Post-Test Only Design. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 pasien dengan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan responden yang merasa puas terhadap penerapan pelayanan prima sebanyak 88%, dengan karakterisitik responden pada usia dewasa (89%), jenis kelamin perempuan (89%) dan tingkat pendidikan tinggi (94%). Hasil uji statistik chi-square dengan significancy 0.000 (p <0.05), hal ini menunjukkan ada pengaruh penerapan pelayanan prima terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini merekomendasikan agar dalam memberikan pelayanan kesehatan perawat maupun petugas pelayanan kesehaatan diharapkan menerapkan pelayanan prima agar dapat mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan memebrikan rasa puas kepada pasien. Kata Kunci: Pelayanan Prima; Kepuasan Pasien; Perawat; Rawat Inap. / Excellent service (service excellent) is a very good or best service to patients based on quality standards to meet the needs and desires of patients so that patients can get satisfaction. Satisfaction is the level of one's feelings after comparing performance or perceived results compared to expectations. This study aims to determine the effect of excellent service on inpatient satisfaction at X Hospital, East Jakarta. This research is quantitative with Post-Test Only Design research design. The number of respondents in this study were 100 patients using the Simple Random Sampling technique. The results showed that respondents who were satisfied with the implementation of excellent service were 88%, with the characteristics of respondents in adulthood (89%), female gender (89%) and higher education level (94%). The results of the chi-square statistical test with a significancy of 0.000 (p <0.05), this indicates that there is an effect of implementing excellent service on patient satisfaction. This study recommends that in providing health services, nurses and health care workers are expected to apply excellent service in order to realize quality services and provide satisfaction to patients. Keywords: Excellent Service; Patient Satisfaction; Nurse; Inpatient

Item Type: Article
Subjects: MEDICINE
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 23 Jan 2025 02:27
Last Modified: 23 Jan 2025 02:27
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18070

Actions (login required)

View Item View Item