Noviyanto, Dedi Eka and Widiarty, Wiwik Sri and Panjaitan, Hulman (2024) Pertanggungjawaban Pengelola Jasa Parkir Ditinjau Dari Hukum Positif Di Indonesia. Action Research Literate, 8 (6). pp. 1-11. ISSN 2808 6988
Text
JurnalNasionalPertanggungjawabanPengelolaJasaParkirDitinjauDarihukumPositifDiIndonesia.pdf Download (337kB) |
|
Text
HasilTurnitnPertanggungjawabanPengelolaJasaParkir.pdf Download (2MB) |
Abstract
Hubungan hukum antara pelaku usaha dan konsumen atau tindakan melanggar hukum produsen dapat menyebabkan konsumen mengalami kerugian. Kehilangan kendaraan di lokasi parkir pasti tidak diinginkan pemiliknya. Dalam praktik, memang umum ditemui pengelola parkir yang memasang tulisan ”kehilangan barang bukan menjadi tanggung jawab pengelola parkir” di lokasi parkir sebagai bentuk pengalihan tanggung jawabnya atas kendaraan yang hilang atau barang yang hilang dalam kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaturan pengelola jasa parkir berdasarkan hukum positif di Indonesia, serta mengevaluasi pertanggungjawaban pengelola jasa parkir menurut perspektif hukum yang sama.Metode yang dipergunakan dalam kajian penulisan tesis ini adalah penelitian hukum normatif, yaitu mengkaji peraturan perundang- undangan yang berlaku dan pembahasan dalam penelitian ini yang bersifat normatif Penelitian hukum normatif atau disebut juga penelitian hukum kepustakaan, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Kesimpulan dari penelitian ini, pertanggungjawaban pengelola jasa parkir menurut hukum positif di Indonesia didasarkan pada Pasal 1365 KUHPerdata mengenai perbuatan melawan hukum dan pertanggungjawaban akibat kesalahan, serta sesuai dengan perjanjian penitipan barang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen./ The legal relationship between business actors and consumers or the producer's unlawful actions can cause consumers to suffer losses. Losing a vehicle at a parking location is definitely not wanted by the owner. In practice, it is common to find parking managers who post the inscription "losing goods is not the responsibility of the parking manager" at the parking location as a form of transferring responsibility for lost vehicles or lost items in the vehicle. This study aims to analyze and describe the regulation of parking service managers based on positive law in Indonesia, as well as evaluate the accountability of parking service managers according to the same legal perspective. The method used in the study of writing this thesis is normative legal research, which is to examine the applicable laws and regulations and the discussion in this study which is normative Normative legal research or also called literature law research, which is legal research carried out by researching literature materials or secondary data. The conclusion of this study is that the accountability of parking service managers according to positive law in Indonesia is based on Article 1365 of the Civil Code regarding unlawful acts and liability for errors, as well as in accordance with the goods custody agreement in Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | LAW |
Depositing User: | Ms Rosaliana Wati |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 09:18 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 09:49 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/17999 |
Actions (login required)
View Item |