Hidayat, Udin Firman and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot (2023) Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Keluarga untuk Mengimplementasikan Sakramen Perjamuan Bersama Anak Berdasarkan Model Backward Design. Jurnal Teruna Bhakti, 5 (2). pp. 240-258. ISSN 2622-5085
Text
DesainKurikulumPendidikan.pdf Download (454kB) |
|
Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinDesainKurikulumPendidikan.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan sebagai upaya mendesain kurikulum Pendidikan Agama Kristen (PAK) Keluarga yang secara khusus dikembangkan untuk mengimplementasikan sakramen Perjamuan bersama anak. Sakramen Perjamuan bersama anak berdampak positif terhadap kesadaran peran orang tua dalam pendidikan iman anak-anaknya. Dalam praksisnya, orang tua bertanggung jawab untuk memberikan pemahaman dan mempersiapkan keterlibatan anak-anak mereka dalam sakramen Perjamuan. Sesuai dengan tujuan spesifik ini model Backward Design dipandang lebih sesuai karena dalam proses perancangannya “tujuan yang diharapkan” menjadi tahap pertama yang dipertimbangkan dengan matang. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kepustakaan penelitian ini menghasilkan desain kurikulum PAK Keluarga yang lebih relevan, menjawab kebutuhan spesifik yang diharapkan khususnya berkaitan dengan implementasi pemahaman sakramen Perjamuan bersama anak. Kata kunci: Backward design; PAK keluarga; sakramen perjamuan. / This research is conducted as an effort to design a Christian Religious Education (PAK) Family curriculum specifically developed to implement the sacrament of Communion with children. The sacrament of Communion with children positively impacts parents' awareness of their role in educating their children's faith. In practice, parents are responsible for providing understanding and preparing their children's involvement in the sacrament of Communion. In line with this specific objective, the Backward Design model is considered more appropriate because "expected outcomes" are the first step that is carefully considered in the design process. Using qualitative research methods and a literature review approach, this study produces a more relevant PAK Family curriculum design that addresses specific needs, particularly about the implementation of understanding the sacrament of Communion with children. Keywords: Backward design; PAK family; sacrament of communion
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 10:01 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 10:01 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/17845 |
Actions (login required)
View Item |