Arfani, Inge Wuri (2012) Metode Pengajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament, dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Mandarin (Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di Kelas IV SD Asisi Jakarta Selatan). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (303kB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (303kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (858kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (367kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (373kB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (133kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (21kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan apakah penggunaan metode pengajaran cooperative learning tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Mandarin. Data didapat dari hasil observasi peneliti, catatan peneliti sebagai guru, lembar kerja siswa, nilai evaluasi, foto-foto selama kegiatan berlangsung. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan di dalam kelas saat kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menggunakan metode pengajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament yang bertujuan untuk mendorong siswa belajar dan berkolaborasi dalam kelompok masing-masing. Kerjasama terjadi antar siswa dalam kelompok. Komunikasi terjadi antara siswa dengan siswa dan antara guru dengan siswa. Situasi belajar yang demikian merupakan salah satu pendorong motivasi siswa dalam belajar bahasa mandarin, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Tempat penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Asisi, Jl H. Ramli Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Adapun jumlah sampel yang diteliti sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 9 siswa putri. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengamatan aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran, mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II terutama dalam hal; siswa yang memperhatikan penjelasan guru dalam menyampaikan pembelajaran meningkat dari 35,71% di siklus ke I ke siklus II sebesar 90,48%. Pada saat guru menjelaskan materi pelajaran, tingkat perhatian siswa juga mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu dari 29,76% menjadi 89,28%. Kemudian anak yang awalnya tidak berani bertanya juga mulai berani bertanya dengan kenaikan presentasi sebanyak 91,67%. Begitu juga dengan perkembangan partisipasi anak pada saat bernyanyi yang diikuti gerakan semakin meningkat dari 27,38% menjadi 92,86% pada siklus yang kedua. siswa berubah meningkat menjadi aktif dalam KBM yaitu meningkat dari 26,19% menjadi 91,67% pada siklus yang kedua. Tingkat keikutsertaan siswa dalam bekerjasama pada saat kegiatan kerja kelompok, meningkat dari 39,28% di siklus pertama naik 88,09% di siklus yang kedua. v Siswa yang mengerjakan tugas mandiri dan tugas kelompok juga mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu dari 33,33% menjadi 97,62%. Presentase aktifitas siswa yang relevan dengan kegiatan pembelajaran dari siklus I ke siklus II secara rata-rata mengalami peningkatan sebesar 60,37%. Sedangkan aktifitas siswa yang tidak relevan dengan tindakan kelas selama KBM mengalami penurunan dari siklus I ke siklus II, terutama ; siswa yang bercanda pada saat KBM menurun dari 63,09% pada siklus pertama menjadi 7,14% di siklus kedua. Siswa yang suka mengobrol dengan teman di kelas sepanjang KBM berlangsung juga mengalami penurunan dari 73,81% menjadi 4,76%. Siswa yang suka jalan-jalan dikelas sepanjang KBM juga berkurang dari 70,24% turun menjadi 3,57%. Siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru selama KBM mengalami penurunan dari 63,09% menjadi 5,95%. Siswa yang tidak mau ikut bekerjasama melakukan kegiatan kelompok juga berkurang saat guru menggunakan metode ini yaitu dari 61,90% turun menjadi 4,76%. Siswa yang tidak aktif pada saat kegiatan belajar mengajar juga mengalami penurunan sebanyak 3,57%. Siswa yang tidak menyelesaikan tugas mandiri dan tugas kelompok juga mengalami penurunan dari 62,28% menjadi 5,95%. Presentase aktifitas siswa yang tidak relevan dengan tindakan kelas selama KBM dari siklus I ke siklus II mengalami penurunan sebesar 59,86%. Dengan demikian, presentase hasil belajar yang dicapai siswa mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata kelas dari hasil test evaluasi siklus I dan siklus II sebesar 24,52. Kesimpulan dari hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe Team Games Tournament sangat efektif dan berhasil dalam peningkatan hasil belajar bahasa Mandarin. Untuk itu para guru dapat mencoba menerapkan metode Cooperative Learning tipe Team Games Tournament dalam pembelajaran bahasa, seperti pembelajaran bahasa Inggris, bahasa Mandarin dan bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | LANGUAGE AND LITERATURE | ||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Mandarin | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Ibnu Rafi | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Oct 2024 08:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Oct 2024 08:25 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/17484 |
Actions (login required)
View Item |