Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Taman Rekreasi Impian Jaya Ancol Terhadap Kepuasan Pengunjung Studi Kasus : Fasilitas Penunjang di Area Pantai Festival Jaya Ancol

M, Martharia Lidyawati (2018) Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Taman Rekreasi Impian Jaya Ancol Terhadap Kepuasan Pengunjung Studi Kasus : Fasilitas Penunjang di Area Pantai Festival Jaya Ancol. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (195kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (168kB)

Abstract

Pantai Festival Jaya Ancol sebagai salah satu tujuan wisata utama di Jakarta diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan para pengunjung dengan mengoptimalkan fasilitas penunjang yang terdapat didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwasanya keterbatasan atau kekurangan dari fasilitas penunjang di Pantai Festival Jaya Ancol dalam segi kuantitas dan kualitas dapat berpengaruh pada kepuasan pengunjung. Tujuan lainnya adalah untuk dapat mengetahui apakah penyediaan fasilitas penunjang di Pantai Festival Jaya Ancol sudah sesuai dengan Standar Usaha Taman Rekreasi yang diatur dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2014. Dan tujuan paling utama adalah untuk mendapatkan feedback dari Pengunjung mengenai kritik, saran dan masukan mereka terhadap kondisi eksisting Fasilitas Penunjang di Pantai Festival Jaya Ancol untuk dapat dijadikan bahan evaluasi bagi pihak Coorporate dalam meningkatkan kualitas. Metode penelitian yang digunakan adalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif semi kuantitatif dan verifikatif. Semi kuantitatif oleh karena ada unsur pengambilan sampel terhadap beberapa responden. Survey dan pengamatan langsung terhadap objek studi merupakan wujud dari verifikasi data. Hasil penelitian menyiratkan pesan bahwasanya dalam hal penyediaan jasa, sudah seharusnya kepuasan pengunjung menjadi perhatian penting bagi pihak korporasi. Wahana dan area rekreasi yang tersedia berikut dengan fasilitas penunjang yang dimiliki perlu dimonitor secara berkala sebagai bentuk evaluasi kinerja wahana/area rekreasi. Penyediaan kotak saran dan masukan dari tiap pengunjung di setiap pintu wahana/area rekreasi perlu dilakukan sebagai bahan evaluasi untuk dapat segera ditindak lanjuti oleh pihak penyedia jasa. Peningkatan kualitas pelayanan jasa dalam bentuk fisik fasilitas penunjang dan beberapa inovasi atau tambahan wahana penunjang lain (sesuai dengan input dari pengunjung) akan berpengaruh pada kepuasan pengunjung itu sendiri. Kepuasan pengunjung ini yang pada akhirnya membawa citra baik dan meningkatkan kepercayaan pengunjung untuk menjadikan Pantai Festival Jaya Ancol sebagai destinasi utama warga Jakarta untuk melepaskan kepenatan dan kejenuhan mereka dalam bekerja. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas Penunjang dan Kepuasan Pengunjung. / Jaya Ancol Beach Festival as one of the main tourist destinations in Jakarta is expected to accommodate the needs of the visitors by optimizing the supporting facilities contained therein. The purpose of this study was to find out that the limitations or shortcomings of supporting facilities at Pantai Festival Jaya Ancol in terms of quantity and quality can affect visitor satisfaction. Another goal is to be able to find out whether the provision of supporting facilities at Pantai Festival Jaya Ancol is in accordance with the Recreational Park Business Standards as stipulated in the Republic of Indonesia's Tourism and Creative Economy Minister's Regulation Number 27 of 2014. And the main objective is to get feedback from Visitors regarding their criticism, their suggestions and input on the existing condition of Supporting Facilities at Pantai Festival Jaya Ancol to be used as evaluation material for Corporate in improving quality. The research method used in this research is semi-quantitative descriptive qualitative and verification. Semi-quantitative because there are elements of sampling of several respondents. Surveys and direct observations of the object of study are a form of data verification. The research results imply a message that in terms of providing services, visitor satisfaction should be an important concern for the corporation. The available rides and recreation areas along with the supporting facilities that are owned need to be monitored periodically as a form of vehicle performance evaluation / recreation area. The provision of suggestion and input boxes from each visitor at each door of the vehicle / recreation area needs to be carried out as an evaluation material to be immediately followed up by the service provider. Improving the quality of services in the physical form of supporting facilities and some innovations or additional supporting facilities (according to the input of visitors) will affect the satisfaction of visitors themselves. This visitor satisfaction ultimately brings a good image and increases visitor confidence to make Pantai Festival Jaya Ancol as the main destination for Jakarta residents to release their fatigue and saturation in their work. Keywords: Service Quality, Supporting Facilities and Visitor Satisfaction.

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSiahaan, UrasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorEni, Sri PareUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: TECHNOLOGY
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Arsitektur
Depositing User: Mr Novan Arbi
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:38
Last Modified: 07 Oct 2024 07:38
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/17400

Actions (login required)

View Item View Item