Analisis Promosi e-WoM Skincare The Originote Melalui Komentar Pengguna Media Sosial TikTok Influencer @nakiirana dan @dosenkecantikan

Manurung, Anastasia Christine Margaretha (2024) Analisis Promosi e-WoM Skincare The Originote Melalui Komentar Pengguna Media Sosial TikTok Influencer @nakiirana dan @dosenkecantikan. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Singkatan_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarGambarDaftarSingkatanAbstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (389kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (149kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (637kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (34kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (33kB)

Abstract

Media sosial TikTok selain berguna untuk bersosialisasi dan berinteraksi tetapi juga dapat dijadikan sebagai ulasan positif dan negatif guna mendeskripsikan suatu barang yang digunakan seperti skincare The Originote melalui kolom komentar influencer @nakiirana dan @dosenkecantikan. Tidak hanya berbagai, ulasan tetapi mereka sering membagikan konten yang bersifat informatif dan mengedukasi para pengguna nya. Secara rinci, penulisan ini akan membahas mengenai penggunaan media sosial TikTok dalam mendukung promosi skincare The Originote melalui electronic Word of Mouth serta kontribusi influencer dalam memaksimalkan strategi e-WoM pada produk skincare The Originote di platform TikTok. Penulisan ini menggunakan beberapa indikator dari e-WoM, dengan metode penulisan yaitu fenomenologi dan metode pengumpulan data observasi serta studi pustaka. Kemudian, pada level konteks sosial penulis dapat menemukan bahwa tujuan influencer ialah untuk mengajak menggunakan produk skincare The Originote ini melalui kolom komentar yang mengandung umpan balik ataupun diskusi lanjutan mengenai topik yang sedang dibahas. Penyampaian komentar pada unggahan di akun TikTok @nakiirana dan @dosenkecantikan cenderung menggunakan bahasa sehari-hari yang santai dan juga frontal dikarenakan influencer tersebut pun demikian yang menganggap para penonton sebagai temannya sendiri. Hasil penulisan ditemukan bahwa melalui TikTok ini mendukung terciptanya e-WoM yang dilakukan kedua influencer tersebut, walaupun hasil yang diperoleh terdapat komentar yang positif dan juga negatif. Namun, hal tersebut akan kembali pada kecocokan dari jenis kulit masing-masing. Walaupun demikian, hasil penulisan yang dapat disimpulkan bahwa adanya kontribusi influencer dalam e-WoM ini merupakan hal yang sangat penting dalam produk skincare The Originote ini, sebab sebagian besar viewers dari kedua influencer ini menjadi pengguna pada produk skincare The Originote setelah melihat promosi tersebut melalui video pendek di akun pribadi masing-masing influencer serta cara penyampaian nya. Kata Kunci: Skincare The Originote, e-WoM, Influencer, Kolom Komentar. / TikTok’s social media is not only useful for socializing and interacting, but it can also be used as positive and negative reviews to describe an item used such as The Originote skincare through the comment column of influencers @nakiirana and @dosenkecantikan. Not only various reviews, but they often share content that is informative and educates their users. In detail, this article will discuss the use of TikTok’s social media in supporting The Originote skincare promotion through electronic Word of Mouth as well as the contribution of influencers in maximizing the e-WoM strategy on The Originote skincare products on the TikTok’s platform. This writing uses several indicators from e-WoM, with writing methods, namely phenomenology and observation data collection methods and literature studies. Then, at the level of social context, the author can find that the purpose of influencers is to invite the use of The Originote skincare product through a comment column that contains feedback or further discussion about the topic being discussed. The submission of comments on uploads on TikTok accounts' @nakiirana and @dosenkecantikan tends to use casual and frontal colloquialism because the influencer also considers the audience as his own friend. The results of the writing found that through TikTok this supports the creation of e-WoM carried out by the two influencers, although the results obtained have positive and negative comments. However, it will come back to the compatibility of each skin type. However, the results of writing that can be concluded that the contribution of influencers in e-WoM is very important in this The Originote skincare product, because most of the viewers of these two influencers become users of The Originote skincare product after seeing the promotion through a short video on each influencer's personal account and how to deliver it. Keywords: Skincare The Originote, e-WoM, Influencer, Comment Section.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSiahaan, ChontinaNIDN0310025801chontina.siahaan@uki.ac.id
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Social sciences (General)
SOCIAL SCIENCES > Social history and conditions. Social problems
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 5310 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2024 05:46
Last Modified: 20 Aug 2024 05:46
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16209

Actions (login required)

View Item View Item