Analisis Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Hak Atas Merek Terkenal Asing Terkait dengan Maraknya Barang-Barang Palsu Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis

Sianipar, Graceline Margaretha (2020) Analisis Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Hak Atas Merek Terkenal Asing Terkait dengan Maraknya Barang-Barang Palsu Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstarak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (447kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (375kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (514kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (474kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (403kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (204kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (442kB)

Abstract

Pasal 1 Keputusan Menteri Kehakiman RI No. M.03.HC.020.1 tahun 1991 menyebutkan bahwa merek terkenal adalah merek asing yang secara umum telah dikenal dan dipakai pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau badan hukum baik didalam maupun diluar wilayah Republik Indonesia. Merek terkenal asing menjadi incaran pihak lain untuk dipalsukan guna meraih keuntungan melalui jalan pintas dengan segala cara walaupun tindakan tersebut melanggar hukum. Banyaknya peminat barang palsu terletak pada perbandingan harga yang cukup jauh lebih murah. Adanya perlindungan hukum bagi pemilik merek yang sah dimaksudkan untuk memberikan hak yang sifatnya eksklusif (khusus) bagi pemilik merek agar pihak lain tidak dapat menggunakan tanda yang sama atau mirip dengan yang dimilikinya baik untuk barang atau jasa yang sama atau hampir sama. / 1 Decree of the Minister of Justice of the Republic of Indonesia No. M.03.HC.020.1 of 1991 states that a well-known mark is a foreign brand that is generally known and used on goods traded by a person or legal entity both inside and outside the territory of the Republic of Indonesia. Foreign famous brands are targeted by other parties to be falsified in order to gain profit through shortcuts by all means even if the act is against the law. The amount of interest in counterfeit goods lies in the price ratio which is quite far cheaper. The existence of legal protection for legitimate brand owners is intended to provide exclusive (special) rights for brand owners so that other parties cannot use the same or similar mark that they have for the same or almost the same goods or services.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTobing, Gindo EdwardUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSibarani, Merry RohanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: LAW
Divisions: FAKULTAS HUKUM > Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Ibnu Rafi
Date Deposited: 24 Sep 2024 09:57
Last Modified: 24 Sep 2024 09:57
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16090

Actions (login required)

View Item View Item