Hospitality: Sejarah dan Perkembangannya dalam Manajemen Pariwisata

Kennedy, Posma Sariguna Johnson (2024) Hospitality: Sejarah dan Perkembangannya dalam Manajemen Pariwisata. IKRAITH-HUMANIORA, 8 (2). pp. 78-97. ISSN 2654-8062

[img] Text
HospitalitySejarahdanPerkembangannya.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-h...

Abstract

Studi ini membahas perjalanan panjang sejarah mengenai hospitality/keramahan sebagai aspek penting dalam hubungan antarindividu dan kelompok. Dalam sejarah hospitality, peran keramahan dalam kelompok sosial terlihat, seperti dalam keluarga kerajaan atau bangsawan. Metodologi studi ini adalah kualitatif, dengan menggunakan pendekatan pemahaman dokumen dan literatur untuk mengkaji perkembangan hospitality. Dalam konteks hospitality, terdapat tiga jenis keramahan, yaitu hospitality pribadi, hospitality dalam kepentingan sosial (disediakan oleh institusi nonkomersial seperti organisasi keagamaan dan pemerintah), dan hospitality komersial (disediakan untuk keuntungan, seperti hotel dan restoran). Hospitality/keramahan sangat dipengaruhi oleh kenyamanan dan empati, dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan niat untuk kembali berkunjung. Implementasi konsep ini memerlukan langkah-langkah keberlanjutan dan perhatian terhadap manajemen organisasi, pelaku pariwisata, dan hubungan eksternal. Kata kunci : Hospitality, Sejarah, Pariwisata. / This study discusses the long history of hospitality as a crucial aspect in interpersonal and group relationships. Throughout the history of hospitality, its role within social groups, such as royalfamilies or nobility, is evident. The methodology employed in this study is qualitative, utilizing a document and literature analysis approach to examine the development of hospitality. In the context of hospitality, there are three types of hospitality: personal hospitality, social hospitality (provided by non-commercial institutions like religious organizations and governments), and commercial hospitality (provided for profit, such as hotels and restaurants). Hospitality is greatly influenced by comfort and empathy and significantly impacts customer satisfaction and the intention to revisit. Implementing this concept requires sustainability measures and attention to organizational management, tourism stakeholders, and external relations. Keyword : Hospitality, History, Tourism

Item Type: Article
Subjects: SOCIAL SCIENCES
SOCIAL SCIENCES > Management
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:01
Last Modified: 03 Oct 2024 10:42
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/16024

Actions (login required)

View Item View Item