Peran Pendidikan Agama Kristen Keluarga dalam Mengatasi Pernikahan Dini di Era Teknologi Digital

Laondang, Jilian Kristina and Rombe, Eunice Yatundu and Aritonang, Delinda Elizabeth and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot (2024) Peran Pendidikan Agama Kristen Keluarga dalam Mengatasi Pernikahan Dini di Era Teknologi Digital. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 9 (1). pp. 29-36. ISSN 2620-9926

[img] Text
PeranPendidikanAgamaKristenKeluargadalamMengatasiPernikahanDini.pdf

Download (463kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPeranPendidikanAgamaKristenKeluargadalamMengatasiPernikahanDini.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://christianeducation.id/e-journal/index.php/...

Abstract

Banyaknya kasus pernikahan dini yang terjadi yang terjadi dikalangan remaja menjadi latar belakang penulisan ini. Faktor penyebabnya adalah kurangnya pemahaman mengenai pentingnya pendidikan, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai bahaya pernikahan dini, keinginan orangtua menimang cucu lebih cepat, rendahnya ekonomi, pergaulan bebas, dan pengaruh lingkungan (keinginan mengikuti teman sebaya yang sudah menikah). Salah satu masalah utama yang dikaji peneliti adalah kurangnya peran Pendidikan Agama Kristen keluarga mengakibatkan remaja melakukan pernikahan dini. Oleh karena itu, bagaimana Pendidikan Agama Kristen keluarga dapat mengatasi pernikahan saat ini. Kualitatif dengan pendekatan studi literatur adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui peran pendidikan agama Kristen keluarga dalam mengatasi fenomena pernikahan dini di era teknologi digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasilnya, dalam mengatasi pernikahan dini yang semakin banyak terjadi di era teknologi digital sangat dibutuhkan peran pendidikan agama Kristen keluarga agar setiap remaja memiliki pandangan yang baik terkait masa depan mereka. Kata Kunci: Pendidikan Agama Kristen Keluarga; Pernikahan Dini; Teknologi Digital. / The number of cases of early marriage that occurred among adolescents is the background of this writing. Contributing factors are a lack of understanding of the importance of education, a lack of public understanding of the dangers of early marriage, parents' desire to pet their grandchildren sooner, low economy, promiscuity, and environmental influences (the desire to follow married peers). Therefore, how can the Christian Religious Education family cope with the current marriage. Qualitative with a literature study approach is the method used in this study to determine the role of family Christian Religious Education in overcoming the phenomenon of early marriage in the era of digital technology. This study uses a qualitative method with a literature study approach. As a result, in dealing with early marriages that are increasingly occurring in the era of digital technology, the role of family Christian religious education is urgently needed so that every teenager has a good view of their future. Keywords: Family Christian Religious Education; Early-Age Marriage; Digital Technology

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 11 Jun 2024 08:40
Last Modified: 11 Jun 2024 08:40
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14821

Actions (login required)

View Item View Item