Pembelajaran Transformatif Pendidikan Agama Kristen di Era Teknologi Digital

Darti, Darti and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot and Boiliu, Noh Ibrahim (2023) Pembelajaran Transformatif Pendidikan Agama Kristen di Era Teknologi Digital. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 8 (2). pp. 133-148. ISSN 2620-9926

[img] Text
PembelajaranTransformatifPendidikanAgamaKristen.pdf

Download (274kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPembelajaranTransformatifPendidikanAgamaKristen.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://christianeducation.id/e-journal/index.php/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sumbangsih pada dunia pendidikan khususnya Pendidikan Agama Kristen. Menghadapi era teknologi digital, guru Pendidikan Agama Kristen harus dapat melakukan transformasi dalam pembelajaran khususnya di sekolah. Upaya transformasi tersebut harus mampu memahami karakteristik generasi milenial dan generasi Z untuk menentukan strategi mengajar yang efektif. Melalui teori pembelajaran transformatif, guru Pendidikan Agama Kristen dapat mengadaptasi pemebelajaran transformatif bahwa dalam konteks Indonesia, transformasi pendidikan Kristen memiliki tujuan yaitu, mempromosikan ciri dari kewarganegaraan yang berilmu, serta menghayati identitas kebersamaan secara kolektif dalam satu kesatuan. Hal ini didasari karena pendidikan Kristen berasal dari, oleh dan untuk warga gereja dan pada saat yang sama merupakan warga negara, yang bersifat publik. Adapun metode yang digunakan dalam tulisan ini ialah metode literatur yaitu dengan menggali ide dan mengutip pendapat dari penulis buku serta artikel yang dapat menjadi acuan tulisan ini. Hasil dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa tujuan utama Pendidikan Agama Kristen adalah membawa peserta didik untuk mengenal lebih dekat kepada kasih Allah dalam Kristus. Kata Kunci: Pembelajaran, transformatif, Pendidikan Agama Kristen, Era Teknologi Digital. / This research aims to contribute to the world of education, especially Christian Education. Facing the era of digital technology, Christian Education teachers must be able to transform learning, especially in schools. These transformation efforts must be able to understand the characteristics of millennials and generation Z to determine effective teaching strategies. Through transformative learning theory, Christian Education teachers can adapt transformative learning that in the Indonesian context, the transformation of Christian education has the goal of promoting the characteristics of knowledgeable citizenship and living the identity of togetherness collectively in one unity. This is because Christian education comes from, by and for the citizens of the church and at the same time is a citizen, which is public. Transformative learning involves significant changes in a person's thinking, attitudes, and actions that can create memorable and sustainable experiences. The methode used in the preperation of this article is the literature method, namely by exploring ideas and quoting opiniana that can be used as reference. Keywords: Transformative, Learning, Christian Education, Digital Technology Age

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 11 Jun 2024 08:11
Last Modified: 11 Jun 2024 08:11
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14812

Actions (login required)

View Item View Item