Politik Hukum Perdagangan Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Sarana Media Promosi Produk UMKM Di Indonesia

Widiarty, Wiwik Sri (2024) Politik Hukum Perdagangan Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Sarana Media Promosi Produk UMKM Di Indonesia. Innovative : : Journal Of Social Science Research, 4 (2). pp. 1-13. ISSN 2807 4238

[img] Text
PolitikHukumPerdaganganPenggunaanAplikasiTiktok.pdf

Download (242kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPolitikHukumPerdaganganPenggunaanAplikasiTiktok.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mengubah cara berbisnis, termasuk dalam hal promosi produk. Kini, banyak pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia yang memanfaatkan aplikasi TikTok sebagai sarana media promosi produk. Namun, penggunaan TikTok sebagai media promosi produk UMKM di Indonesia belum memiliki regulasi yang jelas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis politik hukum perdagangan dalam penggunaan aplikasi TikTok sebagai sarana media promosi produk UMKM di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan studi dokumen terhadap peraturan perundang-undangan, bahan hukum sekunder, dan putusan pengadilan. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dalam tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa TikTok sebagai media promosi produk UMKM di Indonesia dinilai efektif mengingat algoritma yang dimiliki aplikasi tersebut yakni menjangkau konten yang cocok untuk setiap penggunanya, sehingga promosi UMKM dapat menjadi relevan dengan target audiensnya. Namun, Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Komunicasi dan Informatika Nomor 31 Tahun 2023 mendorong pemisahan antara bisnis media sosial dan layanan e-commerce, sehingga pemerintah harus memastikan bahwa promosi produk UMKM melalui TikTok berjalan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, termasuk dalam hal keamanan data dan transparansi informasi. Kata kunci : Politik Hukum, Perdagangan, TikTok, Media Promosi, UMKM The development of information and communication technology (ICT) has changed the way of doing business, including product promotion. Now, many small and medium enterprises (MSMEs) in Indonesia are using the TikTok application as a means of product promotion media. However, the use of TikTok as a promotional medium for MSME products in Indonesia does not yet have clear regulations. The aim of this research is to analyze the politics of trade law in the use of the TikTok application as a media for promoting MSME products in Indonesia. This research uses normative research methods. The data collection technique in this research is document study of statutory regulations, secondary legal materials and court decisions. The data that has been collected is then analyzed in three stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The research results show that TikTok as a media for promoting MSME products in Indonesia is considered effective considering that the application's algorithm reaches content that is suitable for each user, so that MSME promotion can be relevant to its target audience. However, the Indonesian Government through Minister of Communication and Information Technology Regulation Number 31 of 2023 encourages a separation between social media businesses and e-commerce services, so the government must ensure that the promotion of MSME products via TikTok runs in accordance with applicable legal provisions, including in terms of data security and information transparency. Keyword: Legal Politics, Trade, TikTok, Promotional Media, MSMEs

Item Type: Article
Subjects: POLITICAL SCIENCE
LAW
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:19
Last Modified: 22 Apr 2024 04:20
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14376

Actions (login required)

View Item View Item