Pengaruh Strategi Marketing Mix Terhadap Minat Investasi Pengguna Aplikasi InvestasiKu pada Mega Capital Sekuritas

Silalahi, Indah Valentin (2024) Pengaruh Strategi Marketing Mix Terhadap Minat Investasi Pengguna Aplikasi InvestasiKu pada Mega Capital Sekuritas. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarGambarDaftarTabelDaftarLampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

InvestasiKu merupakan bagian dari konglomerasi CT Corp di bawah naungan Mega Capital Sekuritas, aktif menerapkan strategi bauran pemasaran. Walaupun telah dilakukan upaya maksimal, InvestasiKu belum berhasil masuk dalam peringkat 20 perusahaan pialang teratas di Indonesia. Maka dari itu, penelitian ini difokuskan pada pengguna aplikasi InvestasiKu di wilayah Jakarta Pusat. Penelitian ini dilaksanakan pada periode November hingga Desember 2023 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sasaran populasi penelitian adalah pengguna aplikasi InvestasiKu di Jakarta Pusat, meskipun jumlah populasi sebenarnya belum diketahui. Sampel penelitian sejumlah 96 responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan proses pengumpulan data dilakukan melalui Google Forms. Alat analisis yang diterapkan adalah regresi berganda. Hasil uji subtes menunjukkan bahwa variabel produk (X1) memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil investasi (Y), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat kesalahan (0,05). Sementara itu, variabel tempat (X3) tidak memiliki efek yang signifikan terhadap minat berinvestasi (Y), dengan nilai signifikansi sebesar 0,174 yang lebih besar dari tingkat kesalahan (0,05). Uji simultan menunjukkan adanya pengaruh bersama�sama yang signifikan antara variabel produk, harga, tempat, dan promosi terhadap minat berinvestasi, dengan nilai signifikansi < 0,000, yang menunjukkan bahwa pengaruh ini signifikan secara statistik. Artinya, variabel-variabel ini secara bersama-sama memiliki dampak yang kuat terhadap minat berinvestasi. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Tempat, Promosi, Minat Investasi, InvestasiKu. / InvestasiKu, part of the CT Corp conglomerate under the umbrella of Mega Capital Sekuritas, actively implements a marketing mix strategy. Despite the maximum efforts, InvestasiKu has not managed to enter the top 20 brokerage firms in Indonesia. Therefore, this research is focused on the users of the InvestasiKu application in the Central Jakarta area. The study was conducted from November to December 2023 using a quantitative approach. The target population for the research is the users of the InvestasiKu application in Central Jakarta, although the actual population size is unknown. A research sample of 96 respondents was selected using purposive sampling, and data collection was conducted through Google Forms. The analytical tool applied is multiple regression. The results of the subtest indicate that the product variable (X1) has a significant impact on investment outcomes (Y), with a significance value of 0.000, which is smaller than the error rate (0.05). Meanwhile, the location variable (X3) does not have a significant effect on investment interest (Y), with a significance value of 0.174, which is greater than the error rate (0.05). Simultaneous testing shows a significant collective influence between the variables of product, price, place, and promotion on investment interest, with a significance value < 0.000, indicating that this influence is statistically significant. In other words, these variables collectively have a strong impact on investment interest. Keyword: Marketing mix, Product, Price, Place, Promotion, Investment Interest, InvestasiKu.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSembiring, Carolina F.NIDN0316077002carolina.sembiring.uki.ac.id
Thesis advisorSiagian, JonnyNIDN0301086104johni.siagian@uki.ac.id
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Commerce > Business > Marketing. Distribution of products
Divisions: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > Manajemen
Depositing User: Ms Indah Valentin Silalahi
Date Deposited: 22 Apr 2024 03:15
Last Modified: 22 Apr 2024 03:15
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14375

Actions (login required)

View Item View Item