Taklal, Selvi Afliana and Ikka, Elvira Gabriella and Ajeng, Johanna and Deliviana, Evi (2023) Pendidikan kebencanaan bagi siswa berkebutuhan khusus. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 3 (1). pp. 1-6. ISSN 2798-88686
Text
Pendidikankebencanaan.pdf Download (300kB) |
|
Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPendidikankebencanaan.pdf Download (1MB) |
Abstract
studi literatur ini bertujuan untuk memberikan gagasan bagi pendidikan di Indonesia dalam rangka membangun pendidikan yang lebih bermutu dan merata. Indonesia terbentang di wilayah yang rawan terjadinya bencana alam. Bencana alam merupakan suatu hal yang tidak dapat diperkirakan kapan terjadinya. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia perlu mendapatkan pengetahuan mengenai mitigasi bencana. Hal tersebut dapat diterapkan dalam bidang pendidikan, yaitu dengan pendidikan kebencanaan. Semua orang berhak menerima pendidikan yang sama, tak terkecuali bagi siswa berkebutuhan khusus. Pendidikan kebencanaan bagi siswa berkebutuhan khusus menjadi hal yang sangat penting dan serius untuk dilaksanakan. Hal ini bertujuan agar mereka tetap mempunyai pengetahuan yang cukup untuk tetap melindungi diri dari situasi bencana tersebut. Pendidikan kebencanaan bagi siswa berkebutuhan khusus dapat dilakukan dengan cara pengembangan Sekolah Siaga Bencana (SSB), metode pelatihan simulasi berupa bermain peran atau role play, serta dengan literasi media dan interpretasi bencana. Kata Kunci: pendidikan kebencanaan, siswa berkebutuhan khusus. / this literature study aims to provide ideas for education in Indonesia in order to build a more quality and equitable education. Indonesia lies in an area prone to natural disasters. Natural disasters are something that cannot be predicted when they occur. Therefore, the Indonesian people need to gain knowledge about disaster mitigation. This can be applied in the field of education, namely with disaster education. Everyone has the right to receive the same education, including students with special needs. Disaster education for students with special needs is very important and serious to be implemented. This is so that they still have enough knowledge to protect themselves from the disaster situation. Disaster education for students with special needs can be done by developing Disaster Preparedness Schools (SSB), simulation training methods in the form of role play, as well as media literacy and disaster interpretation. Keywords: disaster education, students with special needs
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 03:41 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 03:41 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13929 |
Actions (login required)
View Item |