Analisis Risiko Operasional Pelayanan Peserta JKN-KIS dengan Penjaminan BPJS Kesehatan dalam Pemberian Pelayanan yang Berkualitas pada Rumah Sakit Jasa Kartini di Tasikmalaya

Endry, Erry (2023) Analisis Risiko Operasional Pelayanan Peserta JKN-KIS dengan Penjaminan BPJS Kesehatan dalam Pemberian Pelayanan yang Berkualitas pada Rumah Sakit Jasa Kartini di Tasikmalaya. S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulAbstrakDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarLampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (367kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (183kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (388kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (948kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (80kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (194kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (287kB)

Abstract

Keberhasilan program JKN-KIS yang sudah dicanangkan pemerintah sejak Tahun 2014 melalui UU Nomor 40 Tahun 2014 tetang Sistem Jaminan Sosial Nasional, sangat tergantung kepada keberhasilan pelayanan di rumah sakit dimana peserta JKN-KIS menerima manfaat dari kepesertannya. Untuk menjaga kualitas pelayanannya Rumah Sakit Jasa Kartini menerapkan kebijakan manajemen risiko dalam operasional pelayanan Alasan dipilihnya penelitian ini adalah untuk menilai risiko operasional pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS oleh Rumah Sakit Jasa Kartini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi KTD dari faktor SDM, alat, proses, dan manajemen di Rumah Sakit Jasa Kartini. Menilai dan melakukan mitigasi risiko operasional pelayanan dan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS oleh Rumah Sakit Jasa Kartini. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survey kepada petugas rumah sakit dan peserta JKN-KIS, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu diagam Fishbone dan analisis Bowtie. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat 10 KTD dari 19 unit kerja rumah sakit yang menjadi dasar manajemen mitigasi risiko berkelanjutan dengan hasil penelitian didapatkan bahwa rumah sakit menjalankan manajemen mitigasi risiko berkelanjutan untuk 10 KTD dengan tiga KTD yang menjadi prioritas utama, yaitu jam praktek di rawat jalan tidak sesuai yang dijadwalkan, kurangnya kualitas dari sarana prasarana serta tidak optimalnya sistem digital, penyelesaian keluhan dan pelayanan melebihi standar waktu yang ditetapkan sehingga terjadi penundaan tindakan pelayanan. Kemudian, berdasarkan hasil survey Rumah Sakit Jasa Kartini memiliki rata-rata kepuasan konsumen 82% yang dilihat dari empat aspek: sarana prasana, pengalaman konsumen, kepercayaan, hospital image. / The success of the JKN-KIS program which has been launched by the government since 2014 through Law Number 40 of 2014 concerning the National Social Security System, is very dependent on the success of services in hospitals where JKN-KIS participants receive benefits from their participation. To maintain the quality of its services, Jasa Kartini Hospital implements a risk management policy in service operations. The reason for choosing this research is to identify the annual risk report for the implementation of JKN-KIS in the Hospital.This research aims to identify adverse events from human resources, tools, processes and management factors at Jasa Kartini Hospital. Assess and mitigate operational risks and services provided to JKN-KIS participants by Jasa Kartini Hospital. The method used is qualitative with data collection techniques through surveys of hospital staff and JKN-KIS participants, observation and documentation studies. The analysis techniques used are Fishbone diagram and Bowtie analysis. The results of the analysis show that there are 10 adverse events from 19 hospital work units which are the basis for sustainable risk mitigation management with the result of the research, there are three adverse events that have have high score: practice hours of doctor in outpatient care are not as scheduled, lack of quality of facilities-infrastructure and not optimal digital systems, complaint and service resolution exceeds the established time standards that impact to delays in service actions. Then, based on survey results, Jasa Kartini Hospital has an average consumer satisfaction of 82% seen from four aspects: infrastructure, consumer experience, trust, hospital image

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGunawan, IndraNIDN0307117403indra.gunawan@uki.ac.id
Thesis advisorSunaryo, TarsiciusNIDN0313106202sunaryo@uki.ac.id
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Social sciences (General)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Manajemen
Depositing User: Users 4396 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2024 10:02
Last Modified: 20 Feb 2024 10:02
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13738

Actions (login required)

View Item View Item