Film ‘Budi Pekerti’: Inspirasi Pendidikan Karakter Melalui Ruang Digital

Dwiwasa, B. Pieter and Sihotang, Hotmaulina (2024) Film ‘Budi Pekerti’: Inspirasi Pendidikan Karakter Melalui Ruang Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (1). pp. 809-822. ISSN 2614-3097

[img] Text
FilmBudiPekerti.pdf

Download (448kB)
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam/index

Abstract

Pendidikan karakter menjadi salah satu fokus utama dalam Kurikulum Merdeka. Hal tersebut didukung dengan berbagai hal yang ada di sekitar kita. Film Budi Pekerti menjadi salah satu sarana dalam mengajarkan pendidikan karakter melalui ruang digital. Karya ini menyoroti pentingnya pendidikan yang mencakup nilai-nilai kebijaksanaan untuk membentuk karakter pelajar yang kuat. Dengan fokus pada pembelajaran melalui teknologi, film ini mengeksplorasi bagaimana guru dapat memanfaatkan platform digital untuk menyuntikkan nilai-nilai moral dan etika dalam proses pembelajaran. Pendidik diharapkan memahami bahwa nilai kebijaksanaan bukan hanya sebatas teori, tetapi dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Dengan menggunakan teori semiotika penulis akan membahas pendidikan karakter dari karya ini secara holistik. Dengan demikian, film ini menjadi panduan bagi pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan karakter siswa, membangun dasar yang kokoh untuk membentuk generasi yang memiliki nilai-nilai positif dalam era digital. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Film Budi Pekerti dan Teknologi. / Character education is one of the main focuses in the Independent Curriculum. This is supported by various things around us. The Budi Pekerti film is a means of teaching character education through digital space. This work highlights the importance of education that includes wisdom values to form strong student characters. With a focus on learning through technology, this film explores how teachers can utilize digital platforms to inject moral and ethical values into the learning process. Educators are expected to understand that the value of wisdom is not just limited to theory, but can be implemented in students' daily lives. By using semiotic theory the author will discuss character education from this work holistically. Thus, this film becomes a guide for educators to create a learning environment that supports student character development, building a solid foundation for forming a generation that has positive values in the digital era. Keywords : Character Education, ‘Budi Pekerti’ Films and Technology

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 31 Jan 2024 09:39
Last Modified: 31 Jan 2024 09:39
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13654

Actions (login required)

View Item View Item