Bida, Dahlia Rante and Sihotang, Hotmaulina (2023) Analisis Pengaruh Kegiatan Mentoring terhadap Perkembangan Karakter dan Motivasi Belajar Peserta Didik SMA Kristen Barana. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (3). pp. 29102-29109. ISSN 2614-3097
Text
AnalisisPengaruhmentoring.pdf Download (115kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang harus terpenuhi. Di era yang semakin berkembang, perhatian terhadap perkembangan karakter dan motivasi belajar sangat penting bagi peserta didik. Karakter berkaitan erat dengan kebiasaan-kebiasaan yang selalu dilakukan dan motivasi belajar merupakan dorongan yang berasal dari dalam dan luar diri seseorang untuk lebih semangat belajar untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil kegiatan mentoring dalam Kelompok Tumbuh Bersama pada siswa SMA Kristen Barana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui kegiatan observasi dan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 12 peserta didik kelas XI dan 6 wali kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa proses pelaksanaan kegiatan mentoring Kelompok Tumbuh Bersama pada siswa kelas XI SMA Kristen Barana yang dilaksanakan oleh wali kelas sebagai mentor dan peserta didik sebagai mentee dapat membentuk karakter dan motivasi belajar peserta didik di SMA Kristen Barana. Kata kunci: Mentoring, Perkembangan Karakter, Motivasi Belajar. / Education is a human need that must be fulfilled. In an era that is growing, attention to the development of character and learning motivation is very important for learners. Character and learning motivation are very important for learners. The character is closely related to habits or habits that are constantly carried out, and learning motivations are encouragement that comes from within and outside oneself for more enthusiasm for learning to achieve better goals. The objective of the research was to describe the results of mentoring activities in Groups Grow Together for students at SMA Kristen Barana. This study’s method is descriptive, with a qualitative assessment. The techniques of data collection in this research consisted of 12 learners in grade XI and 6 homerooms in grade XI. Based on the result of the process of implementing Groups Grow Together activities for learners XI at SMA Kristen Barana carried out by the homeroom as a mentor and learners as a mentee, this can shape the character and learning motivations of learners at SMA Kristen Barana. Keywords : Mentoring, Development Of Character, Learning Motivation
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 09:20 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 09:20 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13651 |
Actions (login required)
View Item |