Analisis Perkembangan Karakter dan Peningkatan Mutu Pembelajaran Siswa Melalui Pendidikan Etika Moral

Tuturop, Adrianus and Sihotang, Hotmaulina (2023) Analisis Perkembangan Karakter dan Peningkatan Mutu Pembelajaran Siswa Melalui Pendidikan Etika Moral. Innovative: Journal Of Social Science Research, 7 (3). pp. 31332-31341. ISSN 2807-4238

[img] Text
Analisisperkembangankarakter.pdf

Download (123kB)
Official URL: http://j-innovative.org/index.php/Innovative/index

Abstract

Pendidikan etika dan moral memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa dan meningkatkan mutu pembelajaran di lingkungan pendidikan. Etika dan moral merupakan aspek yang tak terpisahkan dari pendidikan, karena melalui pengenalan, pemahaman, dan praktik nilai-nilai moral, siswa dapat tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab, berempati, dan memiliki integritas tinggi. Tujuan penelitia ini adalah menganalisis dampak pendidikan etika dan moral terhadap perkembangan karakter siswa, serta menilai kontribusi pendidikan etika dan moral terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, teknik pencatatan, teknik dokumentasi, dan teknik kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendidikan etika moral membantu pembentukan dan perkembangan karakter siswa yang baik serta meningkatnya mutu pembelajaran. Kata Kunci : Pendidikan Etika dan Moral, Perkembangan Karakter, Peningkatan Mutu Pembelajaran. / Ethical and moral education play a crucial role in shaping students' characters and enhancing the quality of learning within educational environments. Ethics and morals are inseparable aspects of education because, through the introduction, understanding, and practice of moral values, students can grow into individuals who are responsible, empathetic, and possess high integrity. The aim of this research is to analyze the impact of ethical and moral education on the development of students' characters and to assess the contribution of ethical and moral education to the improvement of the quality of learning. The research method employed is qualitative descriptive research, utilizing data collection techniques such as observation, recording, documentation, and literature review. The results indicate that the implementation of ethical and moral education aids in the formation and development of good student character, as well as in the improvement of the quality of learning. Keyword: Ethical and Moral Education, Character Development, Improvement of Learning Quality

Item Type: Article
Subjects: SOCIAL SCIENCES
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:59
Last Modified: 31 Jan 2024 04:59
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13639

Actions (login required)

View Item View Item