Permasalahan dan Solusi yang Dilakukan Mahasiswa Peserta Program Kampus Mengajar = Problems and Solutions Teaching Campus Program Participant Students

Tambunsaribu, Gunawan (2023) Permasalahan dan Solusi yang Dilakukan Mahasiswa Peserta Program Kampus Mengajar = Problems and Solutions Teaching Campus Program Participant Students. JURNAL ABDI INSANI, 10 (2). pp. 1124-1136. ISSN 2828-3155

[img] Text
PermasalahandanSolusiyangDilakukanMahasiswaPesertaProgramKampusMengajar.pdf

Download (730kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPermasalahandanSolusiyangDilakukanMahasiswaPesertaProgramKampusMengajar.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Korespondensi)
KorespondensiPermasalahandanSolusiyangDilakukanMahasiswaPesertaProgramKampusMengajar.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://abdiinsani.unram.ac.id/index.php/jurnal/in...

Abstract

Program Kampus Mengajar memiliki tujuan untuk membantu sekolah dalam menghadapi setiap kendala dan kesulitannya, baik dalam sistem pengajaran, administrasi maupun adaptasi teknologi. Program Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM) yang dimulai pemerintah sejak awal tahun 2020 tentunya bermanfaat dalam meningkatkan kualiatas Pendidikan di Indonesia khususnya di sekolah dasar. Sekolah dasar yang menjadi sasaran dari program kampus mengajar adalah sekolah swasta maupun negeri. Akreditasi sekolah sasaran juga berbeda- beda, ada yang terakreditasi C dan B. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis permasalahan yang dialami para mahasiswa saat melaksanakan program Kampus Mengajar dan untuk mengetahui langkah- langkah yang dilakukan para mahasiswa sebagai solusi dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi di sekolah sasaran. Penelitian ini hanya terbatas pada satu sekolah sasaran dari program Kampus Mengajar Angkatan IV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif serta data penelitian didapatkan dari hasil wawancara dan catatan lapangan. Responden berjumlah enam orang mahasiswa dari kampus yang berbeda di Jakarta. Dari hasil pengamatan di lapangan, penelitian ini menemukan berbagai langkah yang dilakukan oleh para Mahasiswa dalam mengatasi ketiga masalah yang mereka hadapi. Sebagai contoh, para Mahasiswa mengatasis permasalahan dalam bidang pengajaran dengan melakukan perencanaan dan metode pembelajaran yang mutakhir dengan bantuan beberapa aplikasi menarik yang digunakan guru di kelas untuk membantu para siswa memahami materi ajar. Dalam hal permasalahan administrasi sekolah, para Mahasiswa memberikan bantuan salah satunya dengan merapikan perpustakaan dengan cara mengurutkan judul-judul buku beserta mengelompokkan buku sesuai katergorinya. Dalam permasalah teknologi, salah satu solusi yang dilakukan para mahasiswa adalah memberikan bantuan khusus kepada para guru yang masih belum mahir mengoperasikan perangkat teknologi untuk mengajar para siswa di kelas online. Pelaksanaan program Kampus Mengajar oleh para mahasiswa sangat dirasakan manfaatnya oleh sekolah sasaran. Para mahasiswa juga dapat langsung terjun untuk berbagi ilmu ke masyarakat yang membutuhkan. Kata Kunci : Kampus Mengajar, Permasalaha n Mahasiswa, Solusi. / An Indonesian government program called “Kampus Mengajar” aims to assist primary and secondary schools in overcoming many problems in the teaching system, administration, and technology adaptation experienced by students and teachers. The purposes of this study are to find out the types of problems students face when implementing the program “Kampus Mengajar” in the target schools and to find out the steps taken by students as a solution to solve the problems. The scope of this research is limited to one of the “Kampus Mengajar” target schools. This research uses a descriptive qualitative method. The research data were obtained using interviews and field notes. The respondents are six college students from different majors from different campuses in Jakarta. This study found three categories of problems faced by students in the target schools, namely: 1) problems in the field of teaching, 2) problems in the field of completeness of school administration, and 3) problems in the field of technology. This research found that the “Kampus Mengajar” program carried out by students helped students improve their learning abilities and helped teachers improve their teaching performance. The implementation of the Teaching Campus program by students is very beneficial to the target schools.Key Words: Kampus Mengajar, student’s problems, solution. Key word : Teaching Campus, Student Problems, Solutions

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:03
Last Modified: 26 Jan 2024 02:03
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13578

Actions (login required)

View Item View Item