Narida, Marshelia Gloria (2021) Persepsi Pengguna E-Commerce Terhadap Kualitas Informasi Pembelian Barang dengan Metode Pembayaran Cash On Delivery (COD) Berdampak pada Terjadinya Pengancaman kepada Kurir Jasa Expedisi. KINESIK, 8 (2). pp. 176-188. ISSN 2302-2035
Text
PersepsiPenggunaECommerceTerhadapKualitasInformasi.pdf Download (355kB) |
|
Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPersepsiPenggunaECommerceTerhadapKualitasInformasi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembelian barang dengan metode pembayaran cash on delivery (COD) merupakan sebuah layanan yang dihadirkan oleh Shopee untuk memudahkan pembeli yang tidak memiliki mobile atau internet banking. Pembeli membayar barang ketika barang tersebut telah tiba pada alamat pengiriman yang diantarkan oleh kurir jasa expedisi. Namun, beberapa pembeli melampiaskan kekecewaaannya kepada kurir jasa expedisi ketika barang yang mereka terima tidak sesuai dengan yang mereka pesan melalui aplikasi Shopee. Informan dalam penelitian ini mengemukakan bahwa persepsi mereka terhadap kualitas informasi yang diberikan Shopee terkait COD masih belum akurat, belum tepat waktu, belum relevan dan belum lengkap. Shopee dinilai masih berfokus kepada informasi yang menguntungkan, tidak kepada informasi yang mengedukasi pembeli terkait COD. Informasi yang tidak diterima oleh pembeli dapat menjadi penyebab dari marahnya pembeli kepada kurir jasa expedisi. Shopee disarankan membuat informasi terkait pembelian dengan metode pembayaran COD dalam bentuk visualisasi yang menarik, tidak dengan kalimat yang panjang sehingga mudah dimengerti. Informasi tersebut diletakkan pada menu tampilan yang mudah dilihat oleh pembeli seperti pada halaman layar utama atau informasi tersebut muncul ketika pembeli akan melakukan cek out atas barang dengan metode pembayaran COD tersebut. Hal tersebut dapat mencegah ketidakpahaman atau kebingungan pembeli yang berbelanja online melalui aplikasi Shopee dengan metode pembayaran COD. Kata Kunci: Persepsi; Kualitas Informasi; Cash on Delivery (COD). / Purchasing goods with cash on delivery (COD) payment method is a service presented by Shopee to make it easier for buyers who don’t have mobile or internet banking. The buyer pays for the goods when the goods have arrived at the delivery address delivered by the expedition service courier. However, some shoppers vented their disquire to the couriers of the expedition service when the goods they received did not match what they ordered through the Shopee app. Informants in the study suggested that their perception of the quality of information Shopee provides related to COD is still inaccurate, not yet timely, not yet relevant and incomplete. Shopee is considered to still focus on favorable information, not information that educates buyers related to COD. Information that is not received by the buyer can trigger disappointed buyers to vent to the courier expedisi service. Shopee is advised to create information in the form of interesting visualizations, not with long sentences so that it is easy to understand. Information is placed on the display menu that is easily seen by the buyer as on the main page or the information appears when the buyer will check out the item. Good information can prevent disappointed buyers from doing acidification or violence to couriers. Keywords: Perception; Quality of Information; Cash on Delivery (COD)
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | SOCIAL SCIENCES SOCIAL SCIENCES > Commerce SOCIAL SCIENCES > Management |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 11:02 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 10:45 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13386 |
Actions (login required)
View Item |