Welan, Maria Anjelina Bota and Nugroho, Andreas Rian and Murniarti, Erni (2023) Peran Layanan Bimbingan Karier dalam Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa di SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 1 (2). pp. 1-18. ISSN 3026-7889
Text
PeranLayananBimbinganKarier.pdf Download (562kB) |
|
Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPeranLayananBimbinganKarier.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran layanan bimbingan karier terhadap perencanaan karier peserta didik kelas XI di SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma, respon peserta didik pada saat pelaksanaan setelah diberikan bimbingan karier dan untuk mengetahui hambatan peserta didik saat pelaksanaan bimbingan karier. Penelitian menggunakan desain One-Group-Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma yang berjumlah 8 orang yang dianalisis menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan karier efektif untuk membantu peserta didik dalam merencanakan kariernya, yang dapat dilihat dari hasil pengolahan data didapatkan hasil Uji Homognitas dengan nilai Sig 0,562. Dimana hasilnya tersebut memenuhi syarat untuk Uji Homogenitas nilai Sig.>0,05. Kemudian hasil Uji Normalitas didapatkan hasil untuk Pre-test adalah 0,413 dan Post-test adalah 0,542 dimana hasilnya juga memnuhi syarat Uji Normalitas yaitu >0,05. Dan untuk Uji T, hasilnya juga memenihi syarat <0,05 dengan hasil dalam penelitian ini yaitu 0,000. Berarti terdapat adanya perubahan yang signifikan yang nyata antara kemampuan perencanaan karier pada Pre-test dan Post-test. Setelah mengikuti layanan bimbingan karier peserta didik mempunyai gambaran atau wawasan baru dalam dunia karier, adanya motivasi atau dorongan dalam mematangkan perencanaan karier, serta bisa lebih mengenali bakat yang ada dalam dirinya sendiri, sehingga tidak salah dalam menentukan perencanaan kariernya. Kata Kunci : Bimbingan Karier, Perencanaan Karier, Siswa. / The aim of this research is to determine the role of career guidance services in the career planning of class The research used a One-Group-Pretest-Posttest Design. The data collection techniques used in this research are distributing questionnaires and documentation. The respondents in this research were 8 class XI students at SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma who were analyzed using a purposive sampling technique. The research results show that career guidance services are effective in helping students plan their careers, which can be seen from the results of data processing, which showed that the results of the Homognity Test were with a Sig value of 0.562. Where the results meet the requirements for the Homogeneity Test with a Sig value >0.05. Then the Normality Test results obtained for the Pre-test were 0.413 and the Post-test was 0.542 where the results also met the Normality Test requirements, namely >0.05. And for the T Test, the results also meet the requirements <0.05 with the results in this study being 0.000. This means that there is a real significant change between career planning abilities in the Pre-test and Post-test. After participating in the career guidance service, students have a new picture or insight into the world of careers, have motivation or encouragement in finalizing their career plans, and can better recognize their own talents, so that they do not make mistakes in determining their career plans. Key Words : Career Guidance, Career Plans, Student
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 07:22 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 07:22 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13357 |
Actions (login required)
View Item |