Ruff, Hans Eddieward (2019) Perlindungan Konsumen Berupa Penggantian Barang Yang Tidak Sesuai Dalam Jual Beli Secara Online. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
|
Text
Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text
BAB_I.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
Text
BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text
BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
||
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
Text
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
|
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
Upaya penyelesaian dari ganti kerugian konsumen bagi masyarakat yang menggunakan Transaksi jual beli melalui online sebagaimana yang tersirat didalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik belum sesuai dengan keadaan kondisi masyarakat yang sebenarnya. Konsumen pada umumnya sering kali mengalami kerugian karena tindakan pelaku usaha yang tidak bertanggung jawab dikarenakan barang yang dipessan tidak sesuai dengan sebagaimana mestinya dan konsumen cenderung memilih menginformasikan kerugian yang dialaminya kepada akun blacklist online di Instagram sebagai mediator yang membantu penyelesaian masalah antara konsumen dengan pelaku usaha online. Penulis menggunakan metode penulisan deskriptis analitis yaitu suatu penelitian yang bertujuan mengadakan pemeriksaan dan pengukuran suatu peristiwa yang sudah terjadi serta data-data yang dikumpulkan dari hukum premier, skunder, tertier. Bahwa dalam hal ini negara wajib melindungi masyarakat yang mempergunakan transaksi jual beli online agar masyarakat dapat merasa nyaman dan terlindungi didalam menggunakan akses jual beli dengan memakai internet. Pelaku usaha juga harus bertanggung jawab didalam memproduksikan barangnya yang diperjual belikan kepada masyarakat luas melalui media internet atau online supaya masyarakat juga dapat menikmati hasil barang yang dijual oleh pelaku usaha dengan baik, oleh karena itu penjual harus lebih teliti sebelum mengirim barang belanja online agar tidak adanya kesalahan. Untuk pembeli agar lebih teliti juga memilih belanja online. Kata Kunci : Transaksi Jual Beli Online
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | LAW LAW > Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > Comparative law. International uniform law > Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law LAW > Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > Private international law. Conflict of laws > Commercial law |
||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS HUKUM > Ilmu Hukum | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Alexander Jeremia | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2020 08:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2020 08:28 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/1220 |
Actions (login required)
View Item |