Peningkatan Kemampuan Writing dan Speaking melalui Pelatihan Creative Writing bagi para Siswa SMPN 163 Pasar Minggu

Tambunsaribu, Gunawan and Danisha, Brilliant (2023) Peningkatan Kemampuan Writing dan Speaking melalui Pelatihan Creative Writing bagi para Siswa SMPN 163 Pasar Minggu. Multidisciplinary National Proceeding, 1. pp. 34-45. ISSN 2987-047X

[img] Text
PeningkatanKemampuanWritingdanSpeaking.pdf

Download (485kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPeningkatanKemampuanWritingdanSpeaking.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Korespondensi)
KorespondensiPeningkatanKemampuanWritingdanSpeaking.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://publishing.impola.co.id/index.php/Prosidin...

Abstract

Dengan penguasaan keterampilan berbahasa Inggris yang memadai, siswa tidak hanya dapat mengekspresikan ide- ide, perasaan, maupun keinginan mereka baik secara lisan maupun tertulis namun juga menggali pengetahuan yang dibutuhkan yang merupakan tuntutan kemajuan jaman. Oleh karena itu, sebagai tugas untuk mencerdaskan bangsa, maka Universitas Kristen Indonesia memberikan pelatihan dengan topik “Creative Writing” bagi para Siswa English Club di SMPN 163 Pasar Minggu, Jakarta Timur. Pelaksanaan pelatihan crative writing ini berlangsung kurang lebih 4 bulan. Peserta pelatihan adalah para siswa yang aktif dalam ekstrakurikuler ‘English Club’ sebanyak kuranglebih 60 orang. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan writing dan speaking bagi para Siswa English Club di SMPN 163 Pasar Minggu, Jakarta Timur. Pelatihan ini dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa dari program studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra dan Bahasa, Universitas Kristen Indonesia. Pelatihan ini menggunakan metode demostrasi, diskusi, latihan, dan penulisan karya sastra. Dari hasil survey yang dilakukan para pelatih terhadap peserta pelatihan, para peserta menyatakan beberapa hal terkati dengan materi dan pelatih. Mereka mengatakan bahwa materi yang diberikan pelatih jelas dan menarik dan menunjang pelajaran mereka di sekolah. Mereka juga mengatakan bahwa pelatih menguasai materi dan bersikap sopan dan ramah. Kegiatan PkM seperti ini sangat perlu dilakukan di lingkungan sekolah Dasar (SMP) di Indonesia mengingat pentingnya kemampuan berbahasa Inggris di kehidupan para remaja sekarang ini agar mereka bisa bersiang dalam dunia global Kata Kunci: Menulis Kreatif; Pelatihan Bahasa Inggris, Pengabdian kepada Masyarakat / By having adequate English language skills, students cannot only express their ideas, feelings, and desires both orally and in writing but also compete with other people globally. For that reason, Universitas Kristen Indonesia provides training on the topic "Creative Writing" for English Club students at SMPN 163 Pasar Minggu, East Jakarta. This training was conducted over 4 months. The trainees are the students who are active in the English Club of approximately 60 students. This training aims to improve the English Club students' writing and speaking skills at SMPN 163 Pasar Minggu, East Jakarta. This training was conducted by lecturers and students from the English Literature study program, the Faculty of Letters and Languages, Universitas Kristen Indonesian. This training used some methods in the training session such as demonstration, discussions, exercises, and writing literary works. From the survey taken from the participants, they gave some reasons related to the material given to them and the trainers as well. They said that the material provided by the trainer was clear and interesting. The topics supported their learning at school. They also stated that the trainers mastered the material well. The trainers were polite and friendly. This kind of social service needs to be carried out in elementary schools to enable them to communicate actively and globally using English. Keywords: Creative Writing, Social Service, English Training

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
LANGUAGE AND LITERATURE
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:53
Last Modified: 26 Jan 2024 01:54
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11696

Actions (login required)

View Item View Item