Sitorus, Jimson and Nadeak, Bernadetha and Naibaho, Lamhot (2023) Peran Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Budaya dan Iklim Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5 (1). pp. 4213-4221. ISSN 2685-936X
Text
PeranKepalaSekolahDalamMewujudkanBudayadanIklimSekolah.pdf Download (273kB) |
Abstract
Mutu pendidikan sangat ditentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya seperti sistem, sumber daya, pembiayaan, manajemen, dan lain-lain. Upaya pembaharuan harus terus dilakukan demi tercapainya tujuan pendidikan yang bermutu. Namun demikian, pada sekolah tertentu, terkadang belum mencapai mutu yang dikehendaki sesuai standar. Kemampuan manajerial merupakan salah satu faktor penting agar tercapai mutu pendidikan. Berdasarkan masalah ini, tujuan penelitian dalam tulisan ini adalah untuk menganalisis peran kepala sekolah sebagai manajer dalam menciptakan budaya dan iklim sekolah. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kualitatif yang berdasarkan pendekatan literature atau studi kepustakaan. Setelah menguraikan pembahasan tentang kepala sekolah, budaya, dan iklim sekolah, ditemukan hasil penelitian bahwa, budaya dan iklim sekolah merupakan upaya yang muncul dari kepala sekolah. Dialah figur penting agar tercipta budaya dan iklim dalam sebuah sekolah, yaitu pembiasaan dan suasana yang baik dan positif untuk mendorong semangat kerja dari para pendidik dan tenaga kependidikan. Bukan hanya itu, budaya dan iklim sekolah juga merupakan pembentukan karakter melalui pembiasaan dan perwujudan sekolah yang kondusif sehingga para peserta didik mendapatkan pembelajaran secara kondusif. Kata Kunci: kepala sekolah, budaya sekolah, iklim sekolah. / The quality of education is largely determined by various influencing factors such as systems, resources, financing, management, and others. Renewal efforts must continue to be carried out in order to achieve the goal of quality education. In certain schools, sometimes they have not reached the desired quality according to the standards. Managerial ability is one of the important factors in order to achieve the quality of education. Based on this problem, the research objective in this paper is to analyze the role of the principal as a manager in creating school culture and climate. In this study, the method used is qualitative based on a literature approach. After outlining the discussion about school principals, culture, and school climate, the results of the study found that school culture and climate were efforts that emerged from school principals. He is an important figure in order to create a culture and climate in a school, namely habituation and a good and positive atmosphere to encourage the work enthusiasm of educators and education staff. And, the culture and climate of the school is also a form of character formation through habituation and the realization of a conducive school so that students get conducive learning. Keywords: principal, school culture, school climate.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 04:34 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 04:34 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11555 |
Actions (login required)
View Item |