Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Pola Manajemen POACE untuk Penanganan Menyontek di Sekolah

Siahaan, Emma Monica and Nadeak, Bernadetha and Naibaho, Lamhot (2023) Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Pola Manajemen POACE untuk Penanganan Menyontek di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5 (1). pp. 4922-4926. ISSN 2685-936X

[img] Text
PeranPendidikanAgamaKristendalamPolaManajemenPOACE.pdf

Download (279kB)
Official URL: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php...

Abstract

Menyontek bukanlah budaya yang baik dan seharusnya ada untuk terjadi di sekolah, secara khusus sekolah Kristen yang mengajarkan pembelajaran pendidikan agama Kristen kepada siswa. Selain karena perilaku menyontek tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran pendidikan agama Kristen, perilaku menyontek juga tidak sesuai dengan tujuan pendidikan secara nasional. Akan tetapi perilaku menyontek tidak terhindarkan terjadi di sekolah, siswa melakukannya sebagai pilihan yang dianggap menguntungkan bagi mereka. Maka dari itu sekolah harus melakukan tindakan yang bijak untuk menangani permasalahan ini. Secara khusus pendidikan agama Kristen melakukan perannya dalam pola manajemen POACE (planning, organizing, actuating, controling, evaluating) untuk menangani perilaku menyontek di sekolah Kristen yang sudah menjadi budaya. Pola manajemen POACE ini tidak dapat hanya dikerjakan oleh satu pihak, melainkan harus dikerjakan oleh semua pihak, yaitu Bimbingan Konseling Sekolah, Guru Pendidikan Agama Kristen, Guru bidang studi, Wali kelas dan orangtua siiswa. Sehingga penangan masalah menyontek disekolah dapat efisien dilakukan. Pola manajemen POACE ini efektif untuk diterapkan di sekolah, karena pola ini lengkap, terperinci dan mudah untuk diterapkan. Kata kunci: menyontek, pendidikan agama Kristen, management POACE. / Cheating is not a good culture and should exist in schools, especially Christian schools that teach Christianity to their students. Aside from the fact that cheating does not correspond to the learning goals of Christian religious education, cheating also does not correspond to national educational goals. However, cheating is unavoidable in schools and students make cheating as a decision they see as beneficial to themselves.Therefore, schools need to take sensible measures to address this problem. there is. In particular, Christian religious education plays its role in the POACE (Planning, Organizing, actuating, controlling, evaluating) management pattern to address misconduct that has become a culture in Christian schools. This POACE management pattern cannot be enforced by just one party. It must be conducted by all parties: school counselors, Christian religious education teachers, subject teachers, class teachers, and parents of students. So that we can efficiently solve the problem of cheating in school. This POACE management pattern is effective for school implementation because it is complete, detailed, and easy to implement. Keywords: cheating, Christian Education, management POACE

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:26
Last Modified: 12 Jun 2023 04:26
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11553

Actions (login required)

View Item View Item