Opera Batak "Perempuan Pinggir Danau" pentas di Jakarta

Jakarta (ANTARA News) - Setelah sukses tampil di Sumatera Utara, Pusat Latihan Opera Batak atau PLOt akan menggelar kembali pementasan berjudul “Perempuan Di Pinggir Danau” (Borua Na Di Duru Ni Tao) di Jakarta pada 25--26 Oktober mendatang.

Thompson Hs, Direktur Artistik Pusat Latihan Opera Batak (PLOt) dan co.sutradara “Perempuan di Pinggir Danau” mengungkapkan pementasan akan digelar di Gedung William Soerjadjaya, Fakultas Kedokteran UKI, Cawang, DKI Jakarta.

“Pertunjukan ini menjadi menarik karena mengangkat tema tentang lingkungan, air dan perempuan sebab orang yang pertama sekali terkena dampak dari kerusakan lingkungan dan air adalah perempuan," ujar Koordinator pementasan di Jakarta, Tumpak Winmark Hutabarat.

Siaran pers PLOt yang diterima ANTARA News, Sabtu, menjelaskan Opera Batak adalah teater tradisi Etnik Batak yang berkembang pada sekitar tahun 20-an sampai tahun 80-an, namun bentuk seni pertunjukan ini mati suri pada tahun 80-an ke atas akibat minimnya perhatian pemerintah, ditambah munculnya radio dan televisi.

Sekitar tahun 2002 Opera Batak kembali direvitalisasi dan telah melahirkan satu grup percontohan di Tarutung dengan nama Grup Opera Silindung (GOS). Kota Tarutung menjadi potensi bagi GOS mengawali program dan proyek revitalisasi Opera Batak.

Penggalian ulang Opera batak yang dimulai tahun 2002 berkat kerjasama dengan assosiasi tradisi lisan (ATL). Pada tahun 2005 dilakukan pengembangan Opera batak revitalisasi itu dengan ide membuka Pusat latihan Opera batak (PLOt) di Pematang Siantar.

Setelah PLOt terbentuk, maka kegiatan-kegiatan terkait budaya dan Opera pun dilaksanakan. Tujuh tahun PLOt sudah melakukan banyak kegiatan mandiri dan pementasan di berbagai kota.

Tumpak mengatakan bahwa adapaun pemilihan tema lingkungan dalam naskah “Perempuan di Pinggir Danau” ini adalah menceritakan keindahan Danau Toba dan kelestarian ekologisnya yang saat ini berada dalam kerusakan ekologis.

Danau Toba sebagai sumber kehidupan orang Batak harus segera diselematkan oleh masyarakat sekitar Danau Toba dan seluruh masyarakat Indonesia demi generasi mendatang.

Opera Batak ini juga akan dipentaskan di Koeln, Jerman pada tanggal 1--12 November pada kegiatan “Batak Day” sebagai upaya memperkenalkan kebudayaan orisinal Batak, penyebarluasan kondisi terkini Danau Toba serta pentingnya peranan orang Batak di Eropa untuk berkontribusi dalam penyelamatan seni, budaya dan lingkungan yang sudah tergerus.

Di Jakarta, pertunjukkan ini berlangsung atas kerjasama Pusat Latihan Opera Batak (PLOt), Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Pelayanan Komunikasi Masyarakat Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (YAKOMA–PGI).

Pewarta: Desy Saputra
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar