Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham pada Perusahaan Non Keuangan yang Melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018

Kennedy, Posma Sariguna Johnson and Sitompul, Selvia and Tobing, Suzanna Josephine L. (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham pada Perusahaan Non Keuangan yang Melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Journal of Management and Business Review, 18 (2). pp. 285-299. ISSN 2503-0736

[img] Text
FaktorFaktoryangMempengaruhiTingkatUnderpricingSaham.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://jmbr.ppm-school.ac.id/index.php/jmbr/index

Abstract

Fenomena underpricing terjadi di sebagian besar pasar modal dunia, termasuk Indonesia, namun dengan derajat yang berbeda-beda. Studi ini membahas analisis underpricing pada perusahaan non keuangan yang melakukan underbid saham perdana di Bursa Efek Indonesia, bertujuan membuktikan fenomena underpricing perusahaan non keuangan yang melakukan penawaran umum perdana tahun 2014-2018 dan mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan regresi berganda dalam perhitungannya. Variabel yang diteliti adalah financial leverage, reputasi underwriter, dan ukuran perusahaan. Hasil pengujian membuktikan bahwa dari ketiga variabel tersebut hanya satu variabel yang tidak berpengaruh terhadap underpricing yaitu financial leverage. Variabel reputasi underwriter dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh negatif terhadap underpricing, dan secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap underpricing. Reputasi underwriter yang baik dan berpengalaman memberi jaminan kepada investor tentang penentuan harga terbaik saham perdana pada saat IPO (Initial Public Offering). Ukuran perusahaan menjadi pertimbangan bagi investor untuk berinvestasi dalam suatu perusahaan dengan menggunakan besaran total asetnya sebagai dasar untuk pengambilan keputusan investasi. Kata Kunci: Underpricing; Penawaran Umum Perdana; Financial Leverage; Reputasi Underwriter; Ukuran Perusahaan. / The phenomenon of underpricing occurs in most of the world’s capital markets, including Indonesia, but with varying degrees. This paper discusses underpricing analysis of the non-financial corporations that underbid prime shares in the Indonesia stock exchange, and aims to prove the underpricing phenomenon of non-finance companies that underpricing the Initial Public Offering by 2014-2018 while studying the factors influencing it. The methodology used to this study is quantitative method, use multiple regression in the calculations. The variable under study is financial leverage, underwriter’s reputation, and company size. The results of the tests prove that of all three variables, only one variable has no effect on underpricing is financial leverage. The variable reputation of underwriter and company size both have a partial negative effect on underpricing, and simultaneously these three variables effect on underpricing. A good and experienced underwriter reputation guarantees investors about determining the best price for the Initial Public Offering at the time of the IPO (Initial Public Offering). The size of the company is a consideration for investors to invest in a company by using the amount of its total assets as a basis for making investment decisions. Keywords: Underpricing; Initial Public Offering; Financial Leverage; Underwriter Reputation; Firm Size

Item Type: Article
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Personnel management. Employment management
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 10 Apr 2023 05:24
Last Modified: 10 Apr 2023 05:24
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/10933

Actions (login required)

View Item View Item