Manao, Ganti Riang Somasi (2019) Perbandingan Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Physics Education Technologies (PhET) Dipadu Eksperimen Dengan Penerapan Physics Education Technologies (PhET). S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
|
Text
Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Lampiran.pdf Download (801kB) | Preview |
|
Text
BAB_I.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
Text
BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text
BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
||
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
|
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa melalui penerapan media simulasi PhET dipadu eksperimen dibandingkan dengan penerapan simulasi PhET. Penelitian ini dilakukan di SMAN 42 Jakarta pada semester ganjil 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian yang digunakan two group pretest posttest group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas A dan 32 siswa kelas B. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Kelas XI IPA 3 sebagai kelas A menggunakan penerapan media simulasi PhET dipadu eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas B menggunakan penerapan media simulasi PhET. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil pemahaman konsep berupa soal kesetimbangan benda tegar berbentuk pilihan ganda sebanyak 18 soal dan angket hasil motivasi belajar berupa pernyataan sebanyak 20 pernyataan. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penerapan PhET dipadu eksperimen terhadap peningkatan pemahaman konsep dengan nilai rata-rata awal 49,84 untuk kelas A dan 49,13 untuk kelas B, sedangkan nilai rata-rata akhir 80,13 untuk kelas A dan 72,13 untuk kelas B. Untuk motivasi belajar juga meningkat dengan nilai rata-rata awal 51,25 untuk kelas A dan 3,53 untuk kelas B, sedangkan nilai rata-rata akhir 80,97 untuk kelas A dan 75,81 untuk kelas B. Hasil uji manova diperoleh nilai statistik komponen multivariate test yang lebih besar dari 0 dan mendekati 1 serta hasil uji test of between subjects effects juga diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari syarat signifikan yaitu sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) untuk motivasi belajar dan 0,001 untuk pemahaman konsep (0,001 < 0,05) yang berarti adanya pengaruh peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa sehingga disimpulkan terdapat pengaruh penerapan PhET dipadu eksperimen dibandingkan dengan penerapan PhET terhadap peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: PhET, Eksperimen, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar The aim of this research was to find out the comparison of increased concept understanding and student motivation learning by Physics Education Technologies (PhET) Implementation combines experiment with physics education technologies (PhET) implementation. This research was conducted in SMAN 42 Jakarta in odd semester 2019/2020. The type of research used is quasi experiment, the design used is two group protest posttest group design. The sample of this research amounted to 72 students consists of 32 students class A and 32 students class B. sampling using cluster random sampling. Grade XI IPA 3 as the class A using implementation of PhET simulation media combines with experiment, and grade XI IPA 1 as the class B using simulation media of PhET. The instrument used is test result of concept understanding be in the form of multiple choice about rigid body balance consist of 18 questions, and questionnaire about learning motivation result consist of 20 questions. The result showed there’s impact of PhET implementation combines with experiment towards concept understanding improvement with initial grade point average 49.98 for class A and 49.13 for class B, while the final grade point average 80.13 for class A and 72.13 for class B. For learning motivation increases with average point 51.25 for class A and 3.53 for class B, while the final grade point average 80.97 for class A and 75.81 for class B. The result of manova test obtained a statistical point of the multivariate test component which is greater than 0 and approache to 1, and the result test of between subjects effects also obtains a significant point smaller than significant requirement which is equal to 0.000 (0.000 < 0.05) for learning motivation and 0.001 for concept understanding (0.001 < 0.05). It’s concluded there are impact for implementing PhET combines with experiment compared to PhET implementation to increasing concept understanding and learning motivation of students. Key word: PhET, Experiment, Concept Understanding, and Learning Motivation.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Psychology > Psychology > Motivation EDUCATION TECHNOLOGY |
||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Fisika | ||||||||||||
Depositing User: | Ms Sari Mentari Simanjuntak | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Dec 2019 08:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Dec 2019 08:54 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/1072 |
Actions (login required)
View Item |